Kapolres: 26 TPS di Karimun Masuk Kategori Sangat Rawan

Apel kesiapan pengamanan Pilkada di Kabupaten Karimun. (Foto: ist)

Karimun - Kepolisian menengarai ada 26 Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkada Serentak di Kabupaten Karimun masuk dalam kategori sangat rawan.

Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan mengungkapkan penanganan TPS sangat rawan ini, berbeda dengan TPS lainnya khususnya dalam pengamanan.

"Ini sudah kita lakukan pola pengamanan, untuk yang sangat rawan itu 2 polisi 1 TPS  dibantu 2 Linmas," kata Adenan di sela apel bersama keamanan personel gabungan TNI-Polri dan Satpol PP. 

Sementara, untuk TPS yang berada di lokasi rawan, pihaknya menempatkan 1 personel polisi mengamankan di setiap TPS.

Sedangkan bagi TPS yang berada di lokasi aman, Adenan menyebut 1 personel polisi bisa mengamankan 4 TPS yang dipantau dengan patroli.

Adenan merinci ada tiga kategori yakni aman, rawan sebanyak 76 TPS dan 26 TPS sangat rawan. Secara keseluruhan, total TPS yang ada diseluruh wilayah di Karimun tercatat sebanyak 555 titik.

Di samping itu, kata dia, pihaknya juga menyiagakan 100 personel apabila terjadi peristiwa urgen dan membutuhkan tambahan pasukan pengamanan pada Pilkada 2020.
 
"Pasukan standby beda lagi, jumlahnya kurang lebih 100, ini sewaktu-waktu ada hal yang urgen atau rencana kontijensi, dan kita juga persiapkan kapal cepat," katanya.

Dalam apel siaga kemarin, ada 408 personel gabungan TNI-Polri dan Satpol PP, mulai bergeser ke lokasi pengamanan pilkada disejumlah titik di Kabupaten Karimun.

(aha)
SHARE US :