Belasan Petugas KPPS dan Linmas di Tanjungpinang Terpapar Corona

Belasan Petugas KPPS dan Linmas di Tanjungpinang Terpapar Corona

Ilustrasi.

Tanjungpinang - Belasan Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) di Tanjungpinang yang akan bertugas dalam prosesi Pilkada dinyatakan positif Covid-19, Jumat (4/12/2020).

Total ada 13 petugas KPPS dan Linmas yang terpapar Corona, setelah dilakukan tes swab hidung dan tenggorokan di Rumah Sakit Raja Ahmad Thabib (RAT) Kota Tanjungpinang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam mengatakan, berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum Kota Tanjungpinang ada 131 petugas TPS yang menjalani tes swab setelah hasil rapid test reaktif.

“Belum keluar semua, hasilnya baru sebagian, ada yang 13 dinyatakan positif,” katanya.

Ia menjelaskan, 13 petugas KPPS yang dinyatakan positif Corona itu termasuk dalam Orang Tanpa Gejala dan kini menjalani karantina mandiri. 

Dengan adanya kasus positif Corona ini, pihaknya akan melakukan tracking orang-orang yang melakukan kontak erat dengan pasien.

“Kita juga mengimbau Petugas TPS 49 orang yang reaktif itu dilakukan swab,” ujarnya.

Sebelumnya, KPU Tanjungpinang melakukan rapid test kepada 4.136 Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilkada Kepri di Tanjungpinang.

Proses rapid test dilakukan di sejumlah rumah sakit yang ada di Tanjungpinang yaitu RS Raja Ahmad Thabib (RAT), RS Umum Daerah Kota Tanjungpinang dan RSAL sejak Jumat (27/11/2020) pekan lalu.

Dari rapid test tersebut, diketahui sebanyak 131 orang Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Tanjungpinang dinyatakan reaktif Covid-19.

(adi)