Update 19 November, Apa Kabar Kasus Covid di Batam Hari Ini?

Update 19 November, Apa Kabar Kasus Covid di Batam Hari Ini?

Ilustrasi.

Batam - Total kumulasi kasus Covid-19 yang terjadi di Kota Batam 3.591 kasus. Jumlah ini merupakan data terakhir yang dirilis tim Gugus Tugas Kota Batam, Kamis (19/11/2020) malam. Data ini update kasus per-18 November pukul 19.00 WIB.

Dari jumlah itu kasus sembuh sebanyak 2.829 kasus dan meninggal 91 kasus. Saat ini yang dirawat dan sedang dalam isolasi/karantina sebanyak 672 orang. Mereka tersebar di sejumlah rumah sakit di Kota Batam.

Update terakhir pertambahan kasus positif per 18 November pukul 19.00 yakni 28 kasus baru. Kasus baru ini didominasi mereka yang bekerja di sektor swasta.

Satu diantaranya seorang ibu rumah tangga R (46 tahun) asal Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Belakang Padang yang mengalami keluhan demam, batuk, kehilangan fungsi indra penciuman, nyeri di ulu hati disertai mual. Ia saat ini dirawat di RSBP.

Sementara data kasus sembuh dirilis sebanyak 25 orang, mereka terdiri dari ibu rumah tangga dan para pekerja swasta.

Sumber: Tim Gugus Tugas Kota Batam.

 

Kepri rekrut 160 tenaga untuk vaksinasi

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) telah merekrut 160 tenaga medis untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Mereka sudah mulai berlatih sejak sebulan terakhir.

Selain itu, Pemprov Kepri juga telah menyiapkan fasilitas ruang pendingin (cold room) untuk penyimpanan vaksin COVID-19. Sebab, vaksin ini harus disimpan di tempat khusus dan tidak boleh sembarangan.

"Untuk biaya operasional ruang pendingin ini sudah dianggarkan melalui APBD tahun 2021," kata Kepala Dinas Kesehatan Kepri Mochammad Bisri, Kamis (19/11/2020) disadur dari Antara.

Pemprov Kepri sudah menyiapkan secara matang sarana dan prasarana pendukung dalam rangka agenda vaksinasi Covid-19 yang digulirkan pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk melindungi masyarakat.

"Sehingga, jika vaksin didistribusikan Kemenkes ke Kepri, tentu kami sudah sangat siap untuk melaksanakannya," ujar Bisri.

Pihaknya pun tengah melakukan pendataan terhadap siapa saja yang diprioritaskan mendapatkan vaksin Covid-19.

 

Sesuai alokasi Kemenkes, lanjut Bisri, jumlah penerima vaksin Covid-19 di Kepri sekitar 1,4 juta orang. "Pemberian vaksin direncanakan mulai Februari 2021," ungkapnya.

Kendati demikian, terkait teknis tata cara, jadwal, dan tempat pelaksanaan vaksinasi ini masih menunggu petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis lebih lanjut dari Kemenkes.

(fox)