Samoa Laporkan Kasus Pertama Covid-19

Samoa Laporkan Kasus Pertama Covid-19

Penduduk Kota Apia, Samoa. (Foto: CruiseBe)

Samoa - Samoa mengumumkan kasus pertama Covid-19 pada Kamis (19/11/2020), ketika pandemi virus corona terus menyebar ke negara-negara kepulauan Pasifik yang sebelumnya tidak tersentuh.

Perdana Menteri Tuilaepa Sailele Malielegaoi menyerukan ketenangan di negara berpenduduk 200.000 itu setelah mengonfirmasi seorang pria yang terbang ke negara itu Jumat lalu dinyatakan positif saat berada dalam isolasi yang dikelola.

"Kami sekarang memiliki satu kasus dan akan ditambahkan ke negara-negara di dunia yang terjangkit virus corona," kata pemimpin yang mengenakan masker itu dalam pidato yang disiarkan televisi seperti dilansir Channel News Asia.

Hingga baru-baru ini, kepulauan Pasifik yang terpencil termasuk di antara yang paling berhasil di dunia dalam mencegah virus setelah menutup perbatasan mereka lebih awal sebagai tanggapan atas ancaman tersebut, meskipun biaya besar bagi ekonomi yang bergantung pada pariwisata.

Namun dalam dua bulan terakhir, Vanuatu, Kepulauan Solomon, Kepulauan Marshall, dan sekarang Samoa telah kehilangan status bebas virus yang didambakan, meskipun sejauh ini tidak ada yang melaporkan penularan dari komunitas.

Sementara, negara pulau dan teritori Kiribati, Mikronesia, Nauru, Palau, Tonga dan Tuvalu diyakini masih bebas dari virus tersebut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews