Tanggal Cantik 11.11 Ternyata Hari Jomblo, Ini Sejarahnya!

Tanggal Cantik 11.11 Ternyata Hari Jomblo, Ini Sejarahnya!

Ilustrasi. (Foto: Casa Cenina)

Jakarta - Tanggal 11 November atau 11.11 hari ini, diwarnai dengan promo besar-besaran berbagai e-commerce di Indonesia dan dunia.

Namun di China, momen 11-11 ini dikenal sebagai Single Day atau Hari Jomblo yang jatuh bertepatan dengan ajang belanja online 24 jam terbesar di dunia.

Dikutip dari Suara.com---jaringan Batamnews, Hari Jomblo di China ini disebut-sebut berkembang sebagai respon dari perayaan Valentine yang hanya bisa dinikmati oleh mereka yang telah berpasangan.

Pada 1990-an, empat mahasiswa lelaki Universitas Nanjing membahas bagaimana agar tidak menjalani keseharian sebagai lajang dan monoton, yaitu dengan belanja online.

Dari sana kemudian perayaan ini meluas di masyarakat Tiongkok dan berkat internet dan media sosial, perayaan ini menyebar ke seluruh dunia.

Masyarakat China tidak hanya berbelanja online di dalam negeri tapi juga dari luar negeri.

Setelahnya perayaan ini dimanfaatkan perusahaan e-commerce raksasa Alibaba pada 2009, yang mengubah 11.11 bukan hanya sebagai perayaan para jomblo, tapi memanjakan semua orang untuk menikmati hari belanja online terbesar di dunia.

Selain dirayakan dengan cara belanja online, hari jomblo ini justru kerap diisi dengan berbagai kegiatan yang sama sekali tidak berhubungan dengan lajang.

Bahkan beberapa dari mereka memanfaatkannya untuk menyudahi masa lajang mereka, seperti diisi dengan kencan buta, dan tidak sedikit yang menikah di hari tersebut.

Puncaknya perayaan hari jomblo pada 2011, sebanyak 4.000 pasangan menikah di Beijing. Ini karena pada hari itu memiliki tanggal cantik, yakni 11-11-11.

(dod)

Berita Terkait