11 Akademi Sepak Bola Terbaik Dunia, Urutan Pertama Klub Spanyol

11 Akademi Sepak Bola Terbaik Dunia, Urutan Pertama Klub Spanyol

Bakat bocah berambut kribo itu pertama kali terendus oleh akademi Villarreal hingga akhirnya bergabung dengan La Masia. (Foto: Topdrawersoccer.com)

Jakarta - Akademi sepak bola ibarat pabrik yang mencetak produk pemain muda bertalenta. Para pemain muda ini memiliki kemampuan serta keahlian memadai untuk bisa bersaing di level profesional.

Namun, tidak semua pemain akademi bisa bermain atau memperkuat klub besar di level dunia. Tak jarang para pemain lulusan dari akademi top berakhir pada klub kecil.

Tidak hanya Eropa, pemain top dunia juga lahir dari akademi sepak bola benua Amerika. Berikut daftar 11 akademi sepak bola terbaik dunia, seperti dilansir Batamnews dari CNNIndonesia.com:

11. Argentinos Junior

Secara global, nama akademi ini mungkin tidak begitu dikenal. Namun dulu akademi Argentinos Juniors pernah mendapat julukan "Ajax Amsterdam dari Amerika Latin". Argentinos Juniors menghasilkan banyak pemain legenda Argentina.

Sejumlah alumni akademi Argentinos Junior adalah Diego Armando Maradona, Juan Roman Riquelme, dan Esteban Cambiasso.

10. West Ham United

Dalam Liga Inggris prestasi West Ham tidak terlalu menonjol. Tapi akademi sepak bola The Hammers melahirkan banyak legenda Premier League. Dijuluki sebagai 'Academy of Football' masa jaya akademi ini berada pada era 2000-an awal.

Para pemain seperti Jermaine Defoe, Michael Carrick, Joe Caloe, Paul Ince, dan Mark Noble memulai karier sepakbola bersama West Ham Academy. Alumni akademi West Ham adalah Frank Lampard, Joe Cole, Michael Carrick, Declan Rice, John Terry, dan Rio Ferdinand

 

9. Anderlecht

Anderlecht merupakan akademi sepak bola asal Belgia. Dalam beberapa tahun terakhir, Anderlecht menghasilkan sederet nama pesepakbola top liga eropa. Anderlecht mendapat persaingan dari Standard Liege untuk memperebutkan gelar akademi terbaik di Belgia.

Alumni akademi sepak bola Anderlecht adalah Vincent Kompany, Romelu Lukaku, Dries Mertens, dan Youri Tielemans.

8. Feyenoord

Akademi Feyenoord adalah sekolah sepak bola asal belanda. Akademi ini terbilang muda usianya, namun mampu menghasilkan pemain berkualitas dunia. Klub ini memiliki salah satu momen paling membanggakan di 2014, saat 11 pemainnya tampil secara reguler pada Piala Dunia 2014.

Banyak pemain jebolan akademi Feyenoord yang masuk timnas Belanda seperti Robin Van Persie, Jonathan de Guzman, Leroy Fer, Bruno Martins Indi, Jordy Clasie dan Georginio Wijnaldum.

7. Dinamo Zagreb

Akademi asal Kroasia ini didirikan pada 27 desember 1967 dan saat ini telah menjelma sebagai salah satu akademi sepak bola terbaik di Eropa. Dinamo Zagreb menghasilkan puluhan juta dolar dalam lima tahun terakhir dari menjual bibit pemain muda mereka kepada klub liga-liga Eropa.

Pada 2011 akademi Dinamo Zagreb mendapat penghargaan UEFA sebagai salah satu dari enam akademi sepak bola terbaik di Eropa. Alumni akademi Dinamo Zagreb adalah Luka Modric, Marko Pjaca, Sime Vrsaljko, Eduardo da Silva, Dejan Lovren, dan Dario Simic.

6. Schalke 04

Persaingan dalam Bundesliga biasanya hanya terfokus pada dua klub, Borussia Dortmund dan Bayern Munchen. Namun Schalke 04 patut diperhitungkan, apalagi setelah akademi mereka melahirkan pemain bintang seperti Manuel Neuer.

Talenta muda lain yang merupakan jebolan akademi Schalke 04 adalah Mezut Ozil, Manuel Neuer, Julian Draxler, Ilkay Gundogan, Benedikt Howedes, Jens Lehmann.

 

5. Sporting Lisbon

Sporting Lisbon memiliki rata-rata tujuh pemain di tingkat timnas pada setiap tingkatan usia. Bukan hanya prestasi luar biasa, namun sebagai bukti kualitas tinggi pembinaan klub yang mendapat julukan Alcochete. Akademi sepakbola Sporting Lisbon telah menghasilkan ratusan pemain yang berkontribusi dalam timnas di berbagai tingkat laga maupun klub.

Dua nama top jebolan akademi ini adalah Luis Figo dan Cristiano Ronaldo. Nama pemain bintang lainnya adalah Ricardo Quaresma, Eric Dier, Joao Mario, Nani, dan Miguel Veloso.

4. Real Madrid

Dikenal sebagai klub kaya raya yang gemar belanja pemain bintang, Real Madrid juga memiliki akademi sepak bola terbaik di dunia yang dikenal dengan nama akademi 'La Fabrica'.

Akademi La Fabrica memiliki bibit muda menjanjikan, pada era Zinedine Zidane ada sejumlah nama yang masuk dalam skuad tim inti Real Madrid. Mereka adalah Dani Carvajal, Nacho Fernandez, Kiko Casilla, Lucas Vasques, Mariano Diaz, dan Marco Asensio.

Siswa jebolan akademi ini pun punya nama besar seperti Iker Casillas, Juan Mata, Raul Gonzales, Alvaro Arbeloa, Roberto Soldado, dan Guti.

3. Manchester United

Sejak medio 90 Manchester United telah melahirkan stok pemain muda dari akademi sepak bola mereka di bawah kepelatihan Sir Alex Ferguson. MU memiliki tradisi menampilkan para pemain akademinya di tim utama.

Sir Alex Ferguson memainkan peran kunci dalam mengembangkan bibit muda klub hingga menjadi pemain top dunia. Alumni terkenal dibawah pelatihan Sir Alex adalah David Beckham, Ryan Giggs, Paul Scholes, Gary dan Phil Neville, Nicky Butt, Jonny Evans, Danny Welbeck, Tom Cleverley, Jesse Lingard, Marcus Rashford dan Jesse Lingard.

 

2. Ajax Amsterdam

Terkenal dengan permainan sepak bola ofensif, Ajax Amsterdam tak pernah berhenti melahirkan bibit muda bertalenta selama bertahun-tahun. Kehebatan melahirkan bibit bertalenta tak perlu diragukan, mulai dari Johan Cruyff hingga Justin Kluivert dan Matthijs De Ligt.

Meski terkenal dengan sepak bola ofensif, lulusan Ajax beberapa tahun terakhir justru lebih banyak menghasilkan pemain bertahan seperti De Ligt, Jan Vertonghen, Daley Blind, dan Toby Alderweireld.

Beberapa pemain terkenal dari akademi klub yang masih aktif bermain adalah Christian Eriksen, Alderweireld, Frenkie de jong, Donny van de Beek, Justin Kluivert, Ryan babel, dan Nigel de Jong.

Sementara para alumni Ajax yang berada di level legenda adalah Edwin Van Der Sar, Wesley Sneijder, Marco Van Basten, dan Johan Cruyff.

1. Barcelona

Barcelona dengan akademi La Masia berada pada urutan pertama dalam daftar akademi sepak bola terbaik dunia. Kehebatan La Masia mencetak bibit muda tak perlu diragukan lagi. Lulusan La Masia kuat di berbagai lini, hingga tak jarang mereka membeli kembali pemain yang telah dijual.

Kehebatan La Masia terlihat pada 2011, saat tiga alumninya dinominasikan sebagai finalis Ballon d'Or. Sebuah prestasi luar biasa untuk sebuah akademi yang identik dengan Johan Cruyff. Dari semua lulusan La Masia, Lionel Messi adalah yang paling bersinar. La pulga julukan Messi, meraih 6 kali Ballon d'Or.

Alumni hebat La Masia lainnya adalah Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Gerard Pique, Cesc Fabregas, Thiago Alcantara, Carles Puyol, Mikel Arteta, Jordi Alba, Sergio Roberto, dan Sergio Busquets.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews