Bukan iPhone 12 Mini, Ini iPhone yang Bisa Mengancam Android di Indonesia

Bukan iPhone 12 Mini, Ini iPhone yang Bisa Mengancam Android di Indonesia

Phone 12 reguler (kiri) dan iPhone 12 mini (kanan). (Foto: Apple)

Batam - Sebuah survei yang dilakukan situs jual beli ponsel, sellcell.com, menyebut bahwa 3 dari 10 orang pengguna Android tertarik untuk hijrah ke iPhone. Dari survei tersebut, iPhone 12 Mini menjadi yang paling populer dengan total perolehan suara sebesar 48,1 persen.

Di antara model yang lain, iPhone 12 Mini diposisikan sebagai model yang paling kecil dan murah.  Ponsel tersebut dijual dengan harga 699 dollar AS (sekitar Rp 10,3 juta). Lantas, jika kelak iPhone 12 Mini masuk ke Indonesia, apakah akan menjadi ancaman untuk ponsel Android di Tanah Air?

Menurut analis pasar firma riset IDC, Risky Febrian, di Indonesia sendiri konsumen ponsel di kisaran harga Rp 10 jutaan cenderung lebih setia dan loyal.

"Jika sudah di segmen harga 10 jutaan (high end-premium) konsumen cenderung lebih loyal terhadap salah satu brand, jadi tidak mudah pindah dari satu brand ke brand lainnya," jelas Risky kepada KompasTekno, Rabu (15/10/2020).

Meski Mendukung 5G Menurut Risky, yang bisa mengancam pasar Android di Indonesia adalah iPhone dengan harga di bawah Rp 10 juta. Seperti iPhone 7 yang kini sudah turun harga menjadi Rp 5-6 juta dan iPhone SE 2020 yang dijual dengan harga Rp 7-8 juta.

"Banyak pengguna Android yang tadinya ada di segmen mid-range akhirnya pindah ke Apple karena ditawari dengan harga yang murah," jelas Risky.

Sedikit membahas iPhone 12 Mini, ini adalah pertama kalinya Apple menambahkan embel-embel "mini" di lini iPhone. Apple sesumbar bahwa iPhone 12 Mini yang baru diperkenalkan adalah ponsel 5G tertipis dan teringan di dunia.

Di antara model yang lain, iPhone 12 Mini diposisikan sebagai model yang paling kecil dan murah. Kendati paling murah, desain dan hardware yang dibawa sama persis dengan iPhone 12 versi reguler.

Seperti namanya, ukuran ponsel ini lebih "mungil" dibanding saudara-saudaranya. Diagonal layarnya 5,4 inci dengan layar jenis OLED Super Retina XDR. Ukuran layarnya lebih kecil dibanding iPhone 11 Pro yang berukuran 5,8 inci.

Sisi atasnya masih dihiasi notch lebar khas Apple yang memuat satu kamera depan 12 MP dan sensor sistem biometrik Face ID. iPhone 12 mini memiliki bingkai menyiku (squared) seperti iPhone 4, iPhone 5, dan iPhone SE.

Dua kamera belakangnya masing-masing memiliki konfigurasi 12 MP wide (f/1.6) dan 12 MP ultrawide (f/2.4). Seperti lini iPhone 12 lainnya, iPhone 12 mini juga ditenagai chip A14 Bionic yang dipadu dengan tiga varian memori internal yakni 64 GB, 128 GB, dan 256 GB.

iPhone 12 mini tersedia dalam lima varian warna, yakni Black, White, Red, Blue, dan Green. Keunggulan inilah yang disebut-sebut akan mengancam ponsel Android terutama yang ada di segmen dengan harga yang sama.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews