Indonesia Masuk 10 Besar Negara Pemilik Utang Asing Terbesar

Indonesia Masuk 10 Besar Negara Pemilik Utang Asing Terbesar

Ilustrasi.

Jakarta - Bank Dunia telah merilis laporan berjudul International Debt Statistics (IDS) 2021 pada 12 Oktober 2020 lalu. Laporan tersebut berisi data dan analisis posisi Utang Luar Negeri terbesar di dunia.

Di dalam laporan tersebut, Indonesia masuk ke dalam golongan 10 negara dengan ULN terbesar. Namun demikian, laporan perbandingan yang di maksud tidak menyertakan negara-negara maju melainkan negara-negara dengan kategori berpendapatan kecil dan menengah.

"Sehingga terlihat bahwa posisi Indonesia, masuk dalam golongan 10 negara dengan ULN terbesar," bunyi laporan seperti dikutip dari kemenkeu, Rabu (14/10).

Di samping itu, struktur ULN Indonesia tetap didominasi ULN berjangka panjang yang memiliki pangsa 88,8 persen dari total ULN. Pemerintah mengelola utang dengan prinsip kehati-hatian (pruden) dan terukur (akuntabel).

Pada paparan perbandingan tersebut, terlihat bahwa utang Indonesia di antara negara-negara tersebut terhitung besar karena ekonomi Indonesia masuk dalam kelompok negara G-20 pada urutan ke-16.

Dengan ekonomi yang besar, utang Pemerintah (tanpa BUMN dan swasta) relatif rendah, yakni 29,8 persen di Desember 2019. Jika dibandingkan dengan 10 negara yang disebutkan dalam beberapa artikel pemberitaan media, sebagian besar utang pemerintahnya diatas 50 persen, sementara posisi Indonesia jauh di bawahnya.

Merujuk pada publikasi bersama Kemenkeu dan BI, yaitu Statistik Utang LN Indonesia (SULNI), utang LN Indonesia terdiri dari ULN Pemerintah Pusat, BUMN dan Swasta. Adapun posisi ULN Pemerintah Pusat hingga Desember 2019 sebesar USD 199,88 miliar atau hanya 49 persen dari total ULN Indonesia.

Perlu diketahui bahwa data publikasi IDS Bank Dunia didasarkan pada data SULNI tersebut. Pemerintah berulang kali menjelaskan bahwa data ULN dalam SULNI dimaksud tidak hanya terdiri dari ULN Pemerintah, namun termasuk data ULN BI, BUMN, dan swasta.

"Pemerintah terus berkoordinasi, dalam hal ini dengan Bank Indonesia untuk memantau perkembangan ULN dan mengoptimalkan perannya dalam mendukung pembiayaan pembangunan, dengan meminimalisasi risiko yang dapat memengaruhi stabilitas perekonomian," tulis kemenkeu.

 

Daftar 10 Negara Pemilik Utang Luar Negeri Terbesar

Adapun 10 negara dengan ULN terbesar di dalam laporan Bank Dunia tersebut diantaranya adalah:

1. China 46,8 persen terhadap GDP.

2. Brazil 76,5 persen terhadap GDP.

3. India 68,3 persen terhadap GDP.

4. Russia 13,5 persen terhadap GDP.

5. Mexico 46,0 persen terhadap GDP.

6. Turkey 40,4 persen terhadap GDP.

7. Indonesia 29,8 persen terhadap GDP.

8. Argentina 86,0 persen terhadap GDP.

9. South 56,7 persen terhadap GDP.

10. Thailand 41,2 persen terhadap GDP.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews