5 Manfaat Kopi Selain untuk Diminum, Bisa Usir Serangga-Lunakkan Daging

5 Manfaat Kopi Selain untuk Diminum, Bisa Usir Serangga-Lunakkan Daging

Kopi (Foto:ist/net)

Jakarta - Para pecinta kopi mungkin memiliki risiko lebih rendah untuk terkena sejumlah penyakit seperti kanker, jantung, alzheimer serta risiko lebih rendah menderita depresi.

Tetapi ada lebih banyak kekuatan yang tersembunyi dalam kopi selain dari manfaat kesehatan, energi, dan rasa yang enak.

Percaya atau tidak, kopi juga sangat dapat membantu dalam sejumlah hal di rumah tangga Anda.

Mengutip laman Bright Side, Jumat (4/9/2020), berikut adalah 5 manfaat kopi yang bisa digunakan dalam rumah tangga:

1. Mengusir Serangga dan Hama

Kopi mengandung diterpenes yang bisa menjadi racun bagi serangga. Itu sebabnya Anda bisa menggunakan ampas kopi untuk mengusir nyamuk, lalat buah, kumbang, dan hama lainnya.

Cukup taburkan bubuk kopi di luar dekat area tempat duduk atau taruh secangkir kopi bubuk di sana. Untuk menjauhkan serangga dari tanaman Anda, taruh sebagian tanah di sekitar batang - ini akan menjadi penghalang bagi serangga seperti siput.

2. Menjaga Kesegaran Bunga

Jika Anda ingin menjaga kesegaran bunga sedikit lebih lama, Anda dapat mencoba menuangkan kopi encer ke dalam air bunga.

Hal ini disebabkan oleh nitrogen, magnesium, dan kalium dalam kopi yang diseduh. Namun, ingat untuk tidak menuangkan kopi pekat, karena mungkin bersifat terlalu asam.

3. Melunakkan Daging

Kandungan asam dalam kopi dapat membuat tekstur daging menjadi lebih lembut. Caranya adalah dengan mengoleskan bubuk kopi pada daging saat dua jam sebelum dimasak. 

4. Menghilangkan Bau

Kopi memiliki nitrogen yang membantu menghilangkan bau tak sedap. Anda dapat membuat penyegar udara portabel dari kaus kaki atau sapu tangan bekas dan memasukkannya ke dalam sepatu, laci, atau tas olahraga Anda yang berbau. 

Anda juga bisa memasukkan kopi ke dalam cangkir di lemari es untuk menyerap bau dari makanan busuk atau harum. Sedangkan untuk karpet, masukkan sedikit bubuk kopi kering ke dalam saringan, ikat saringan di atasnya, dan taruh di atas area karpet yang berbau. 

5. Membersihkan Wajan atau Panci

Tekstur ampas kopi membuatnya bagus untuk menggosok panci dan wajan yang sulit dibersihkan. Taruh sedikit bubuk pada spons dan cuci peralatan masak seperti biasa. Pastikan untuk mencucinya dengan baik.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews