Nyaris Celaka, 22 Penumpang SB Karunia Jaya Dievakuasi

Evakuasi penumpang kapal speedboat SB Karunia Jaya. (Foto: ist)

Karimun - Satpolairud Polres Karimun berhasil mengevakuasi penumpang kapal SB Karunia Jaya 9 yang kandas di perairan Pulau Burung, Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri, Selasa (2/9/2020). Sebanyak 25 orang penumpang berhasil dievakuasi.

Kapal yang berlayar dari Buton, Riau tersebut kandas di titik koordinat 103°14.350'E - 0°51.444'N, sejak Senin (1/9/2020) siang.

 

Polairud menemukan lokasi kapal SB Karunia Jaya.

"Sudah ditangani, penumpang sudah berhasil dievakuasi semuanya," kata Kapolres Karimun, AKBP Muhammad Adenan, Selasa (2/9/2020).

SB Karunia yang dinakhodai oleh Rusdi (33), membawa 25 orang, yakni 13 orang penumpang dewasa, 5 anak-anak, dan 7 ABK. Kapal itu dikabarkan kandas karena adanya kebocoran yang terjadi dalam perjalanan ke Tanjungbalai Karimun.

Masuknya air ke dalam kapal diketahui oleh ABK kapal. Setelah dilakukan pengecekan, ditemukan adanya retak dibagian body kapal yang terbuat dari fiber tersebut.

"Setelah mengetahui adanya kebocoran, nakhoda langsung mencari pulau terdekat untuk menyelamatkan penumpang," ujar Adenan.

Kemudian, kapal tersebut kandas dan segera meminta bantuan. Tidak lama berselang, SB. Karunia Jaya 1 dan kapal KP. XXX-30-1002 Satpolairud Polres karimun tiba untuk memberikan pertolongan.

 

Seluruh penumpang berhasil dievakuasi.

Seluruh penumpang berhasil dievakuasi dan selamat. Sementara, masuknya air karena kebocoran kapal masih dalam penyelidikan. "Kita masih selidiki penyebab retak yang mengakibatkan masuknya air ke kapal," ucap Kapolres.

(fox)