Maskapai Terbesar Eropa Bersiap PHK 20 Ribu Karyawan

Maskapai Terbesar Eropa Bersiap PHK 20 Ribu Karyawan

Ilustrasi.

Berlin - Maskapai penerbangan terbesar di Eropa, Lufthansa mulai ancang-ancang mem-PHK karyawannya. Sedikitnya, ada 20 ribu karyawan yang terancam di-PHK.

Surat kabar NZZ am Sonntag di Swiss melaporkan PHK karyawan oleh maskapai Jerman ini diperkirakan berlangsung September 2020. 

Namun demikian, seorang juru bicara Lufthansa, membantah kabar rencana PHK tersebut saat dikonfirmasi Bloomberg.

Dari informasi yang diperoleh media, pandemi Corona memukul parah bisnis Lufthansa. Hal ini diakibatkan sepinya penumpang internasional.

Tujuan Lufthansa adalah memangkas ongkos yang setara dengan 22.000 posisi penuh waktu dan memangkas armadanya sebanyak 100 pesawat untuk menurunkan biaya. Mereka juga mendapatkan bantuan negara sebesar € 9 miliar (US $ 10,7 miliar).

Dari 22.000 posisi berlebih, sekitar setengahnya berada di Jerman dan separuh lainnya di luar negeri, di mana 8 ribu diantaranya sudah di-PHK. 

Mereka juga menandatangani perjanjian dengan serikat awak kabinnya yang akan melindungi pekerjaan 3.000 pramugari dengan imbalan pemotongan gaji dan tunjangan, dan membuat kesepakatan sementara dengan pilot untuk menghindari pemecatan.

Pembicaraan dengan serikat Ver.di, yang mewakili staf lapangan, telah gagal. Hal itu telah memperkecil kemungkinan bahwa perusahaan akan dapat bertahan tanpa pemutusan hubungan kerja.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews