Cek Rekening, Subsidi Gaji Pekerja Rp 600 Ribu Sudah Cair

Cek Rekening, Subsidi Gaji Pekerja Rp 600 Ribu Sudah Cair

Ilustrasi.

Jakarta - Bantuan subsidi gaji sebesar Rp 600 ribu kepada pekerja yang memiliki upah di bawah Rp 5 juta cair hari ini, Kamis (27/8/2020). 

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan dalam tahap satu pencairan, belum semua penerima bakal mendapat transferan.

Sebab, kata Ida, per 24 Agustus BPJS Ketenagakerjaan baru menyetorkan data 2,5 juta calon penerima bantuan dari total 15,7 juta penerima bantuan yang ditargetkan.

"Insyaallah akan diagendakan launching bantuan pemerintah berupa subsidi gaji atau upah besok, Kamis 27 Agustus 2020 oleh Presiden RI," kata Ida dalam rapat bersama Komisi IX DPR, Rabu (26/8/2020) malam dilansir Suara.com---jaringan Batamnews.

Ida mengatakan dalam saat ini Kementerian Ketenagakerjaan sedang menyiapkan administrasi untuk proses transfer bantuan tahap pertama untuk 2,5 juta penerima.

"Mudah-mudahan seluruh proses ini berjalan sesuai yang kita rencanakan, kami rencanakan akhir Agustus ini tahap pertama. Per batch per Minggu, sekurang-kurangnya 2,5 juta per batch per Minggu akan kami lakukan," ujar Ida.

Sementara itu, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto menjelaskan ihwal pengumpulan data penerima bantuan gaji subsidi yang harus melalui validasi berlapis.

Ia mengatakan, awalnya BPJS Ketenagakerjaan sudah mengumpulkan data sebanyak 15,7 juta penerima yang berdasarkan dari data pekerja dengan upah di bawah Rp5 juta yang terdaftar sebagai peserta aktif BP Jamsostek hingga akhir Juni 2020.

"Dari 15,7 juta ini data yang sudah ada di BP Jamsostek sudah lengkap ada by name by address, namun yang belum ada adalah nomor rekening bank. Sehingga setelah kami menerima penugasan tersebut kita bergerak all out untuk bisa mendapatkan nomor rekening masing-masing pekerja tersebut," ujar Agus dalam rapat dengan Komisi IX DPR.

Setelah divalidasi kembali dengan mengumpulkan nomor rekening, jumlah data tersebut mengerucut menjadi sekitar 13,8 juta penerima yang memiliki nomor rekening yang tersebar di 127 bank. Data itu lantas divalidasi kembali dengan ketentuan satu peserta hanya memiliki satu rekening.

Bantuan Sudah Cair

 

Salah seorang pekerja di Batam, Kepulauan Riau, Wiwid mengatakan dirinya sudah mendapatkan bantuan subsidi gaji dari pemerintah.

Uang sebesar Rp 1,2 juta itu ditransfer melalui rekeningnya pada Kamis dini hari.

"Pukul 2 dini hari notifikasi m-banking saya bunyi. Ada uang masuk Rp 1,2 juta dan setelah saya cek ada keterangan berbunyi 'Subsidi Gaji Pekerja'," kata dia kepada Batamnews.

Baca Cara Cek Nama Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan, Simak Selengkapnya

Bagi Wiwid, uang tersebut sangat membantu dirinya untuk bertahan hidup di tengah pandemi Corona. Mengingat, impian kenaikan gaji yang seharusnya terjadi tahun ini harus ditunda.

Namun dia bersyukur, haknya sebagai pekerja mendapatkan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan selalu konsisten diberikan oleh perusahaan tempatnya bekerja.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews