Kreatif! Wanita Ini Sulap Bonggol Pisang Jadi Keripik Beraneka Rasa

Kreatif! Wanita Ini Sulap Bonggol Pisang Jadi Keripik Beraneka Rasa

Novia memperlihatkan hasil olahan keripik bonggol pisang, di rumahnya Desa Bojong, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Minggu (23/8/2020). (Foto:ist/SuaraJogja.id)

Jakarta - Buah pisang yang kaya dengan manfaat bagi tubuh tak dimungkiri menjadi salah satu buah yang digemari oleh masyarakat. Selain mudah didapat, buah ini juga mudah diolah untuk keripik hingga selai.

Namun ide tak biasa muncul dari Novia Agustina, warga Bojong 7, Desa Bojong, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulon Progo. Bukan memanfaatkan buah pisang seperti pada umumnya, Novia memilih untuk mengolah pelepah dan hati pohon pisang menjadi makanan ringan berupa keripik.

Novia melihat limbah tanaman pisang atau lebih dikenal dengan bonggol pisang biasanya dibiarkan membusuk begitu saja karena tidak memiliki nilai jual. Padahal limbah tersebut dapat dijadikan menjadi olahan produk makanan yang bernilai ekonomi.

Novia tidak sendiri, ia dibantu ayahnya untuk mencari pohon pisang guna dibuat keripik ini. Mereka akan mengambil bonggol dari pohon pisang yang sudah berada di bawah tanah. Bahkan tidak jarang mereka membawa keseluruhan pohon pisang tersebut untuk diolah juga.

Selanjutnya bonggol dan tumbuhan pisang tadi dibersihkan secara keseluruhan. Setelah itu bonggol gedang dan pelapah pisang tersebut diiris tipis-tipis.

"Biar lebih gurih, bonggol dan pelepah pisang ini direndam air kapur sirih dulu selama kurang lebih 24 jam," kata Novia seperti dilansir Batamnews dari SuaraJogja.id, Minggu (23/8/2020).

Novia melanjutkan, setelah direndam selama 24 jam tadi barulah bonggol dan pelepah pisang bisa dimasak. Tidak perlu bumbu yang terlalu ribet atau macam-macam, hanya dengan tepung terigu yang sudah diberi bumbu antara lain bawang putih, daun jeruk, ketumbar dan garam.

 

Dengan itu bonggol dan pelepah pisang sudah bisa digoreng hingga berubah menjadi kecoklatan. Namun ada lagi yang berbeda dari proses menggoreng bonggol dan pelepah pisang ini. Pasalnya Novia memilih untuk tidak menggunakan kompor gas tapi justru dengan tungku kayu.

"Kalau pakai kompor tungku kayu ini rasa keripiknya bakal lebih nikmat. Selain itu juga lebih ekonomis," ujarnya.
 
Dijelaskan Novia, bonggol pisang mengandung serat yang tinggi serta dapat memperlancar pencernaan. Berdasarkan penelitian, keripik bonggol pisang sendiri mengandung karbohidrat sebesar 10 persen dan kandungan seratnya mencapai 40 persen.
 
"Sudah ada beberapa yang membeli karena menurut mereka unik. Ditambah ini sepertinya baru pertama ada di Kulon Progo," ungkapnya.

Salah satu konsumen, Savira mengaku membeli keripik bonggol pisang ini karena penasaran. Menurutnya ini bisa menjadi alternatif makanan ringan yang enak dan bahkan tidak kalah dibanding dengan keripik lain seperti taro ataupun kulit ayam.
 
"Saya tahu ada cemilan ini dari media sosial, penasaran juga terus beli. Enak kok, unik aja," ucap Savira.

Tidak perlu merogoh kantong yang cukup dalam untuk bisa menikmati keripik bonggol pisang ini. Pembeli hanya perlu menyisihkan uang Rp6.000 untuk kemasan 100 gram dan Rp15.000 untuk kemasan 250 gram. Pembeli juga dapat memilih varian rasa yang bermacam-macam di antaranya original, keju, barbeque, dan pedas manis.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews