Ratusan Spesimen Swab dari Karimun Menumpuk di BTKLPP Batam

Ratusan Spesimen Swab dari Karimun Menumpuk di BTKLPP Batam

Karimun - Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang, Batam, Kepulauan Riau membantu Pemda Karimun dalam pemeriksaan spesimen swab.

Hal itu, dikarenakan hasil pengujian yang dilakukan BTKL-PP Batam butuh waktu akibat banyaknya sampel untuk pengujian.

Seperti diketahui sebelumnya, ada 200 lebih spesimen swab yang sudah dikirim ke BTKLPP. Hasilnya masih dalam antrean.

Oleh karena itu, Lanal Tanjungbalai Karimun menginisiasi akses percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Karimun, dengan menggunakan fasilitas di RSKI Galang, Batam.

Uji sampel swab bisa dilakukan di RSKI Batam setelah upaya koordinasi yang dilakukan bersama dengan prajurit Lanal TBK yang saat ini berstatus Dinas BKO Satgas di RSKI Galang yakni Letda Laut (K/W) dr. Vemy Melinda.

"Saya sampaikan di Karimun ini kan sedang banyak yang di PCR, namun antre dan masih banyak antrean di BTKLPP Batam. Hingga 18 Agustus kemarin, belum tertangani seluruhnya," kata Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Mandri Kartono.

Setelah koordinasi dilakukan, maka pengujian sampel dapat dilakukan di RSKI Galang.  Diketahui, 19 spesimen swab telah dikirim ke RSKI untuk dilakukan pemeriksaan.

dr Vemy di RSKI Galang berkomunikasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun dalam pengujian dan pengiriman sampel.

"Secara teknis bapak Rachmadi (Kadinkes) yang berkomunikasi dengan dokter Vemy dalam hal bagaimana pengiriman sampel, dan segera dilaksanakan prosedur analisa," ujar Letkol Mandri.

Dengan adanya bantuan RSKI Galang, setidaknya dapat mempercepat penanganan terhadap pemeriksaan swab untuk warga di Kabupaten Karimun.

Selain itu, pengiriman sampel menuju BTKLPP Batam masih tetap dilakukan, sehingga penanganan dan percepatan dapat dilakukan.

Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Irwansyah, yang berkunjung ke Karimun, pada Selasa (18/8/2020), juga sempat menyampaikan bahwa Karimun dapat memanfaatkan RSKI Galang untuk pemeriksaan sampel swab.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews