Periksa 100 Lebih Sampel Swab, Dinkes Batam: Hasilnya Negatif Covid-19

Periksa 100 Lebih Sampel Swab, Dinkes Batam: Hasilnya Negatif Covid-19

ilustrasi.

Batam - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi menyampaikan hasil pemeriksaan swab tenggorokan yang dilakukan oleh Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP), ada 100 lebih sampel yang telah diperiksa.

"Semua sampel diambil pihak puskesmas," ujar Didi, Senin (25/5/2020). 

Sejak Sabtu (23/5/2020), pengambilan sampel tidak dilakukan oleh petugas karena bertepatan libur lebaran. Sehingga sampel yang sudah diambil sebelumnya kemudian diperiksa. "Hasilnya 100 lebih sampel negatif," kata dia. 

Ia juga menambahkan secara keseluruhan sampel yang diperiksa beberapa hari terkhir ini semuanya negatif Covid-19, tidak ada yang menunjukkan positif.  "Semoga ini pertanda baik," kata Didi. 

Ratusan sampel itu berasal dari hasil tracing (penelusuran kontak) yang melakukan kontak dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Selain itu juga dari hasil pemeriksaan Rapid Diagnostic Test (RDT) yang reaktif. 

"Kalau reaktif, maka dilanjutkan pemeriksaan ke tes PCR," jelasnya. 

Sampai sejauh ini secara kumulatif pasien positif Covid-19 di Batam berjumlah 90 orang, di mana diantaranya 34 orang dinyatakan sembuh. Sementara 8 orang meninggal dunia. 

Sisanya 48 orang masih menjalani perawatan medis secara intensif di rumah sakit.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews