Ular Piton 6 Meter Hebohkan Warga Ranai Natuna

Ular Piton 6 Meter Hebohkan Warga Ranai Natuna

Ular piton dengan panjang sekitar 5-6 meter berhasil ditangkap tim damkar bersama warga (Foto:Yanto/Batamnews)

Natuna - Warga yang melintas di Jalan Hang Tuah, Kota Ranai, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, dihebohkan dengan kemunculan ular piton berukuran lebih kurang sepanjang 5-6 meter, Kamis (20/8/2020) malam.

"Awalnya sekitar pukul 19.00 WIB, tetangga samping rumah saya memanggil saya untuk meminta tolong memindahkan ular yang ada di bawah kolong kedai (warung) miliknya. Namun setelah saya senter, ternyata ular tersebut sebesar paha orang dewasa," ujar Yanto, saksi mata pertama yang melaporkan adanya ular tersebut.

Kaget melihat ular jenis piton sebesar itu, Yanto lantas menelpon Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Natuna. Selang setengah jam, petugas Pemadam Kebakaran datang dengan satu unit mobil damkar.

Setelah itu, tim damkar mencoba menangkap ular piton tersebut, namun karena kurangnya peralatan yang memadai, ular piton itu berhasil lepas dan masuk kedalam gorong-gorong dan menyulitkan proses penangkapan.

Butuh waktu kurang lebih 4 jam bagi petugas damkar dibantu masyarakat setempat untuk akhirnya menangkap ular tersebut.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Natuna melalui Kabid Penanggulangan Bencana, Sabki menyebutkan, pihaknya baru kali ini menangkap ular dengan ukuran sebesar itu di Natuna.

"Proses evakuasi sempat memakan waktu yang sangat lama karena ular masuk kedalam gorong-gorong yang lokasinya sempit dan tergenang air. Untuk itu kami meminta bantuan mobil penyedot air dari Dinas Perkim sebanyak dua unit mobil," ujar Sabki.

Setelah air di dalam gorong-gorong berhasil disedot dan surut, ular kemudian berhasil dipaksa keluar dari dalam gorong-gorong, setelah itu baru ditangkap.

Kejadian itu pun menghebohkan warga Kota Ranai, karena baru pertama kalinya ditemukan ular sebesar itu. Puluhan warga berbondong-bondong datang memadati lokasi untuk melihat proses penangkapan ular piton tersebut.

(Yan)