Gempa 6 Magnitudo Guncang Filipina Tengah

Ilustrasi.

Manila - Gempa berkekuatan 6,6 skala Magnitudo mengguncang Filipina tengah pada Selasa (18/8/2020). Satu orang dilaporkan tewas dan ribuan orang meninggalkan rumah mereka yang rusak.

Channel News Asia melaporkan, gempa dangkal itu melanda tenggara Pulau Masbate di wilayah Bicol pada pukul 8.03 pagi waktu setempat, kata Survei Geologi AS.

"Ada banyak rumah yang rusak," kata Sersan Staf Antonio Clemente di Cataingan, sebuah kota berpenduduk sekitar 50.000 orang di pulau miskin beberapa kilometer di sebelah barat pusat gempa di Laut Samar.

Reporter stasiun radio lokal Christopher Decamon mengatakan dia melihat petugas darurat menarik tubuh seorang pria dari puing-puing rumah bertingkat tiga di pinggiran Cataingan. Istri pria itu lolos tanpa cedera.

Polisi memastikan kematian pria itu. Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa lainnya namun upaya pencarian dan penyelamatan masih terus dilakukan.

Gempa itu melanda ketika negara kepulauan itu memerangi lonjakan jumlah infeksi virus korona, dengan lebih dari 164.000 kasus dan pembatasan pergerakan yang bervariasi di seluruh negeri.

Penguncian yang mempengaruhi seperempat populasi, termasuk ibu kota Manila, akan dilonggarkan pada hari Rabu.

Di kota Palanas Masbate, kepala polisi Kapten Alvin Guerina mengatakan kepada AFP bahwa beberapa pasien, termasuk seorang wanita hamil yang akan melahirkan, dievakuasi dari rumah sakit sebagai tindakan pencegahan jika terjadi gempa susulan.

Sejauh ini setidaknya 14 gempa susulan telah dicatat oleh kantor seismologi Filipina, dengan yang terkuat tercatat pada skala 3,5 Magnitudo.
 

(gea)