Banyak Diragukan, Rusia Segera Publikasi Hasil Uji Klinis Vaksin Covid-19

Banyak Diragukan, Rusia Segera Publikasi Hasil Uji Klinis Vaksin Covid-19

Ilustrasi. (Foto: pixabay.com)

Rusia - Pemerintah Rusia akan segera merilis informasi seputar hasil uji coba pra-klinis dan klinis dari vaksin Covid-19 buatan mereka dalam beberapa hari mendatang.

Menyadur Sputniknews, kabar tersebut diungkapkan Menteri Kesehatan Mikhail Murashko, pada Jumat (14/8/2020).

"Dalam beberapa hari mendatang, mungkin pada hari Senin informasi tentang uji praklinik dan uji klinis akan dipublikasikan", kata Murashko.

Pengumuman itu muncul setelah berbagai pihak, khususnya kelompok ilmuan, mempertanyakan efektivitas vaksin Covid-19 ciptaan Rusia.

Mereka ragu lantaran Rusia tiba-tiba mendaftarkan vaksin tersebut ke Kementerian Kesehatan, tanpa memaparkan hasil uji klinis.

Mikhail Murashko mengatakan bahwa kurangnya informasi menjadi dasar dari keraguan yang timbul diantara publik.

Dia menegaskan, Rusia akan terus melanjutkan fase uji klinis ini dan sesegera mungkin merilis hasil dari pengembangan tersebut.

Sputniknews melaporkan vaksin yang terdaftar sebagai Gam-COVID-Vac, yang dikembangkan oleh Gamaleya Research Institute Rusia, telah menjalani dua uji coba.

Rusia mengklaim para relawan yang diberikan vaksin tersebut telah menunjukkan kekebalan terhadap virus Corona.

Menurut otoritas kesehatan Rusia, obat dua komponen tersebut memberikan setidaknya dua tahun perlindungan dari penyakit virus corona.

 

Total produksi obat diharapkan mencapai 500 juta dosis dalam 12 bulan pertama.

Sebelumnya, Presiden Rusia, Vladimir Putin menyebut vaksin Covid-19 yang dikembangkan negaranya telah terdaftar di Kementerian Kesehatan negaranya.

Di samping itu, Putin juga memberitahu bahwa salah satu penerima vaksin virus Corona pertama yang terdaftar di dunia ini adalah putrinya sendiri.

Kabar tersebut diumumkan Vladimir Putin dalam rapat dengan anggota pemerintahan di Moskow, Selasa (11/8/2020).


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews