Rusia Dapat Pesanan 1 Miliar Dosis Vaksin Covid-19 dari 20 Negara

Rusia Dapat Pesanan 1 Miliar Dosis Vaksin Covid-19 dari 20 Negara

Ilustrasi/Presiden Rusia, Vladimir Putin. (Foto: AFP)

Rusia-  Sebanyak 20 negara dari Amerika Latin, Timur Tengah, dan Asia telah memesan dosis vaksin virus corona Rusia, yang menjadi vaksin pertama di dunia. Presiden Rusia, Vladimir Putin pada Selasa mengonfirmasi vaksin telah didaftarkan.

Dalam sebuah konferensi pengumuman pendaftaran vaksin, Kepala Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF) menjelaskan pihaknya telah menerima pesanan 1 miliar dosis.

"Bersama dengan rekan luar negeri kami, kita siap memproduksi lebih dari 500 juta dosis vaksin setiap tahun," kata Kirill Dmitriev, dikutip dari Russia Today, Rabu (12/8/2020).

Semua yang diproduksi di Rusia akan digunakan di dalam negeri, dan dosis untuk penggunaan di negara lain akan dibuat di luar negeri.

Menurut Dmitriev, RDIF juga bekerja untuk program bantuan kemanusiaan untuk negara-negara berkembang, dengan tujuan membuat vaksin Covid-19 tersedia di negara-negara yang tidak mampu memproduksi atau membeli sendiri.

Menjelaskan bahwa vaksinasi adalah masalah akut di negara-negara termiskin di dunia, Dmitriev mengatakan pihaknya percaya "orang di seluruh dunia harus memiliki akses yang sama untuk mendapatkan vaksin, terlepas dari situasi keuangan mereka."

Pada Selasa, Presiden Vladimir Putin mengumumkan negaranya telah mendaftarkan vaksin Covid-19 pertama di dunia. Dinamakan "Sputnik V", vaksin ini akan segera diproduksi massal, dan akan tersedia untuk masyarakat umum mulai Januari 2021. Meskipun telah terdaftar, vaksin tersebut masih akan melalui uji klinis lebih lanjut di Rusia dan Timur Tengah.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews