HUT ke-75 RI di Tengah Pandemi, Begini Cara Pelaksanaan Upacara di Engku Puteri

HUT ke-75 RI di Tengah Pandemi, Begini Cara Pelaksanaan Upacara di Engku Puteri

Gladi bersih pengibaran bendera dalam upacara kemerdekaan di Engku Putri. (Foto: Margaretha/Batamnews)

Batam - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke -75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dipastikan akan digelar di Dataran Engku Putri, Kota Batam. Rangkaian setiap kegiatan sudah disiapkan dengan matang oleh Pemerintah Kota (Pemko) Batam bersama instansi pemerintah lainnya.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi yang akan bertindak sebagai inspektur upacara memastikan bahwa persiapan HUT ke-75 RI di Kota Batam telah sesuai dengan yang direncanakan. Persiapan yang dimaksud dimulai dari pasukan pengibaran bendera merah putih hingga pelaksanaan protokol kesehatan.

"Hari ini kita gladi bersih dan alhamdulillah berjalan dengan baik," kata Rudi, Jumat (14/8/2020) usai menghadiri gladi bersih.

Ia menyampaikan pelaksanaan upacara HUT ke-75 RI tahun ini berbeda jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Karrna dilaksanakan pada saat masih pandemi Covid-19, untuk itu maka pada pelaksanaan upacara nantinya ditekankan selalu menerapkan protokol kesehatan.

Rudi merincikan petugas upacara, tamu undangan serta seluruh peserta upacara wajib menggunakan masker dan tetap menjaga jarak.

Selain itu Tahun ini jumlah tamu undangan juga dibatasi atau lebih sedikit jika dibandingkan tahun 2019 lalu. Namun demikian pihaknya berharap hal ini tidak mengurangi kemeriahan perayaan HUT ke-75 RI di Kota Batam.

"Kursi tamu undangan juga sudah diatur jarak aman Covid-19," katanya.

Sebelumnya seluruh petugas upacara juga sudah dilakukan rapid tes. Hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa petugas upacara bebas dari virus corona.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Batam, Said Khaidar mengatakan rapid tes dilakukan sejak Kamis (13/8/2020) pagi, terhadap pemain, pelatih dan juga pembina marching band. Dengan total 68 orang di panggung utama Dataran Engku Putri Batam.

Kemudian petugas upacara seperti Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Totalnya 97 orang, rinciannya Paskibra 75 orang dan dari Yonif Raider 12 orang. "Ini sebagai antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19. " katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews