Jumlah Hewan Kurban di Batam Anjlok Drastis

Jumlah Hewan Kurban di Batam Anjlok Drastis

Ilustrasi.

Batam - Jumlah hewan kurban di Batam, Kepulauan Riau anjlok dalam perayaan Idul Adha tahun ini. Penurunan jumlah ini cukup signifikan jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Batam, Zulkarnain menyebutkan jumlah hewan kurban pada 2020 sekitar 3.286 ekor, terdiri dari sapi sebanyak 1.058 ekor dan kambing berjumlah 2.228 ekor. 

"Ada penurunan 641 ekor dibandingkan tahun lalu, pada tahun 2019 jumlah hewan kurban mencapai 3.927 ekor," kata Zulkarnain, Selasa (29/7/2020). 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Batam, Mardanis pada kesempatan berbeda mengatakan pihaknya sudah menyelesaikan pemeriksaan hewan kurban untuk perayaan Idul Adha 144 H. 

Ia menyebutkan total hewan ternak di Batam mencapai 13.980 ekor. Adapun rinciannya yaitu10.446 ekor kambing dan 3.534 ekor sapi. Baik sapi maupun kambinh tersebut tersebar di 87 pedagang se-Kota Batam. 

“Untuk 41 pedagang di antaranya berlokas di Sei Temiang, sedangkan pedagang lainnya tersebar di sejumlah kecamatan,” ujar Mardanis. 

Dari hasil pemeriksaan untuk hewan kurban tersebut, Mardanis memastikan bahwa sapi dan kambing yang ada di Batam saat ini dalam kondisi baik. Namun ada beberapa ekor kambinh yang sedang sakit mata. 

“Kita sudah minta agar hewannya diobati. Nanti dilaporkan dan dicek kembali kondisinya. Jika sudah sehat, bisa diperjulbelikan,” kata dia.

Selain melakukan pengecekan kesehatan hewan jelang Idul Adha, tim juga akan turun kembali di hari raya nanti. Hewan-hewan akan kembali diperiksa pasca pemotongan.

“Insya Allah nanti di hari H kita akan turun pengawasan lagi. Tapi kali ini ke lokasi pemotongan hewan kurban, di masjid-masjid. Terutama yang banyak hewan kurbannya. Guna memastikan dagingnya layak konsumsi dan tidak ada penyakit seperti cacing di hati,” jelasnya.

(ret)

Berita Terkait