Mengidap Penyakit Langka, Bayi Ini Lahir Tanpa Kaki dan Tangan

Mengidap Penyakit Langka, Bayi Ini Lahir Tanpa Kaki dan Tangan

Ilustrasi

Jakarta - Seorang bayi perempuan di India lahir tanpa tangan dan kaki. Hal ini disebabkan oleh kelainan genetik langka.

Dokter yang menangani persalinan bahkan tidak mengetahui bayi akan terlahir tanpa tangan dan kaki, karena sebelumnya mereka memastikan bahwa janin dalam keadaan sehat ketika masih berada di dalam rahim sang ibu.

Dikutip dari Daily Mail, bayi ini lahir di Desa Sakla, Sironj Tehsil di Vidisha, India. Para dokter yang berada di sana kebingungan karena mereka mengatakan bayi tersebut lahir tanpa tangan dan kaki karena kelainan langka, yang disebut Tetra-Amelia.

Kondisi Tetra-Amelia disebut sebagai kelainan kongenital resesif autosomal. Kelainan ini adalah genetik yang disebabkan oleh mutasi pada gen WNT3 (Wnt Family Member 3) dan hal ini biasanya sangat jarang terjadi.

Sindrom ini menyerang satu dari 100.000 bayi yang baru lahir. dr Prabhakar Tiwari, seorang dokter anak di Bhopal CMHO (Chief Medical & Health Officer), mengatakan ini adalah kasus pertama yang pernah dilihatnya.

Dokter juga mengkonfirmasi bahwa bayi tersebut berada dalam kondisi yang sehat. Namun, dokter menyarankan bayi agar tetap di rawat di rumah sakit untuk memeriksa apakah organ internalnya telah berkembang dengan baik, atau tidak.

Sebelumnya, kasus serupa terjadi pada tahun 1982. Tetra-Amelia menyerang Nicholas James Vujicic, seorang penginjil Kristen di Australia dan motivator yang membuatnya dilahirkan dengan kondisi yang serupa. Ia kini bekerja sebagai penulis dan motivator.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews