Hadir di Batam, Tesla Usung Fitur Canggih dan Ramah Lingkungan

Hadir di Batam, Tesla Usung Fitur Canggih dan Ramah Lingkungan

Mobil listrik Tesla yang mengusung fitur keamanan canggih kini hadir di Batam. (Foto: Dyah/batamnews)

Batam - Era moda transportasi listrik sudah merambah Kota Batam, Kepulauan Riau. Kemunculannya ditandai dengan hadirnya sepeda motor listrik beberapa waktu lalu.

Kini, tak hanya motor listrik namun juga kendaraan roda empat berbasis daya elektrik juga mengaspal di jalanan Kota Industri ini. Tak tanggung-tanggung, produk otomotif dari perusahaan milik Elon Musk, Tesla yang hadir di Batam.

Mobil listrik besutan pendiri dan CEO SpaceX ini dipasarkan sebuah gerai non-ATPM yakni Itali Auto. Produknya ready stock dan konsumen tak perlu inden.

Manager Itali Auto, Harianto mengatakan, mobil listrik ini sudah ada di Batam sejak Maret 2020. Mobil ini dihadirkan karena tingginya peminat di daerah asalnya Amerika Serikat, dan mulai banyak digunakan para pesohor, terutama di Jakarta. 

"Mobil ini sebenarnya sudah dipesan sejak awal tahun namun baru sampai di Batam bulan Maret. Untuk Tesla sendiri sebelum kami datangkan sudah ada masyarakat yang memiliki namun melalui pemesanan. Kami menjadi satu-satunya showroom yang menyediakan Tesla di Batam," kata Harianto, Sabtu (27/6/2020).

Fitur Keamanan Canggih

 

Varian produk Tesla yang dipasarkan di Batam yakni Tesla Standard Range Model 3. Mobil ini dilengkapi dengan sensor 12 kamera di seluruh sisi mobil. 

Mobil ini juga telah mendapat bintang lima untuk keamanan. Karena airbag terpasang di seluruh kursi, termasuk kursi penumpang. 

Dengan 12 kamera dan teknologi digital yang langsung menghubungkan Tesla dengan ponsel pribadi. Pengguna tidak perlu khawatir akan pencurian mobil karena mobil ini akan otomatis mengirimkan sinyal bahaya ke ponsel pemilik jika terjadi pencurian. 

Menurut Harianto, walaupun tidak memiliki konter resmi yang membuka cabang di Indonesia, namun masyarakat tidak perlu khawatir untuk layanan purnajual.

Karena tidak menggunakan bahan bakar minyak, mesin super car listrik ini tidak memerlukan banyak perawatan. Selain itu baterai Tesla juga diklaim tahan hingga 20 tahun. 

"Untuk perawatan paling ganti ban, kampas rem, dan itu pun bisa langsung diperbaiki di showroom kami," ujar Harianto. 

Kapasitas Baterai yang Mumpuni

 

Untuk lama proses pengisian bahan bakar Tesla tergantung daya listrik di setiap rumah. Jika daya listrik rumah 3.000 - 4.000 Watt membutuhkan waktu 6-7 jam. Sedangkan untuk daya listrik rumah pengguna di atas 10.000 Watt hanya membutuhkan waktu 2-3 jam untuk isi ulang baterai. 

Tesla yang telah diisi baterai penuh bisa untuk berkendara hingga 400 KM. Charger emergency cadangan juga tersedia dan bisa digunakan ketika harus mengisi daya di luar rumah. 

Untuk harga mobil ini dibanderol dengan harga Rp 1,1 miliar. Dengan hadirnya Tesla di Batam, masyarakat umum yang peduli lingkungan, mementingkan biaya yang hemat, dan pecinta otomotif mulai melirik keberadaan mobil ini. 

"Memang tujuan kami mengenalkan mobil ini di Batam biar masyarakat lebih tahu ada mobil ramah lingkungan dengan zero emisi. Karena ini bakal menjadi mobil masa depan," ucapnya. 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews