Usai Rapid Test, 3 Penumpang Kapal dari Serasan Natuna Dibawa Tim Gugus Tugas

Usai Rapid Test, 3 Penumpang Kapal dari Serasan Natuna Dibawa Tim Gugus Tugas

Rapid test di Pelabuhan Selat Lampa. (Foto: Yanto/Batamnews)

Natuna - Tim Gugus Tugas Covid19 Kabupaten Natuna melakukan rapid test kepada sejumlah penumpang yang tiba dari Pulau Serasan di Pelabuhan Selat Lampa, Minggu (21/6/2020). 

Hal ini dilakukan setelah sebelumnya ada kasus reaktif Covid di kecamatan pulau itu. Saat ini warga yang hasilnya reaktif masih menjalani karantina terpusat di Serasan.

Ketika tim melakukan rapid test, didapati tiga dari penumpang KM Reva (42 GT) yang baru tiba dari Serasan itu, hasil rapid testnya samar-samar. Tim akhirnya membawa ke Puskesmas Ranai dan dilakukan cek ulang dengan metode pengambilan darah serum.

Kepala puskesmas Ranai Nazri mengatakan bahwa memang betul awalnya ketika dirapid tes di Pelabuhan Selat Lampa, hasil rapid warga tersebut masih samar samar. 

"Oleh sebab itu oleh tim gugus segera dibawa ke puskesmas Ranai. Dan setelah kita lakukan tes menggunakan pengambilan serum darah. Dan ternyata hasilnya non reaktif," ujarnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Kabupaten Natuna, Hikmat Aliansyah menyampaikan bahwa pemeriksaan terhadap penumpang yang baru datang dari Serasan ini adalah awal dari ditemukannya warga yang diperiksa dan hasilnya reaktif sebelumnya.

“Kami lakukan antisipasi, karena mungkin saja sebagian penumpang pernah melalukan kontak fisik dengan keenam warga (reaktif) di Serasan,” ujar Hikmat. 

Para penumpang KM Reva diminta menjalani karantina mandiri selama 14 Hari dan melaporkan kepada Puskesmas sekitar apabila ada tanda - tanda gejala Covid-19 selama melakukan Karantina. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews