Mengintip Spesifikasi Pesawat Tempur Hawk-209 yang Jatuh di Riau

Mengintip Spesifikasi Pesawat Tempur Hawk-209 yang Jatuh di Riau

Pesawat tempur Hawk tipe 209 TT. (Foto: Jet Photos)

Batam - Pesawat tempur Hawk tipe 209 TT milik TNI Angkatan Udara jatuh di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Senin (15/6/2020). Pilot dikabarkan selamat dalam insiden ini.

Data dari situs https://tni-au.mil.id/portfolio/bae-hawk-209/, pesawat jenis ini sudah digunakan TNI AU sejak 1997. Pesawat ini diproduksi pabrikan pesawat di Inggris, BAE Hawk sejak 1974.

Hawk merupakan sebuah pesawat jet latih (trainer) interim untuk pesawat tempur jet generasi 4 (F-16, F-15, dll) menggunakan radar modern APG-66 ( khusus varian Mk 200 ) dan rudal AIM-9 Sidewinder. 

Hawk Mk 109 / 209 merupakan kode untuk Hawker-Siddeley Hawk yang diekspor ke Indonesia yang mulai melengkapi TNI-AU sejak tahun 1997 (pada tahun 1980-an, TNI-AU juga pernah membeli sejumlah Hawk Mk 53).

Hawk Mk 209 merupakan varian single seater dari keluarga Hawk. Pesawat jet ini dikhususkan untuk mengemban misi air superiority dan ground attack. 

Pesawat canggih ini sudah menggunakan radar modern. Untuk tipe Hawk Mk 200, menggunakan radar jenis APG-66. Tak hanya itu, untuk sistem pertahanan, Hawk dibekali dengan rudal AIM-9 Sidewinder.

Dikutip dari wikipedia, AIM-9 Sidewinder adalah sebuah rudal anti pesawat jarak pendek berpandu infra merah buatan Amerika Serikat. Rudal ini merupakan rudal udara-ke-udara paling populer di dunia, dan menjadi senjata standar bagi pesawat tempur buatan negara-negara yang tergabung dalam Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews