RSAL Tanjungpinang Dapat Bantuan Alat PCR untuk Tes Swab

Alat PCR di RSAL Tanjungpinang siap diperasikan. (Foto: Afriadi/Batamnews)

Tanjungpinang - Bantuan alat polymerase chain reaction (PCR) diserahkan Mabes TNI kepada RSAL dr Midiyanto Suratani Tanjungpinang, Jumat (12/6/2020). Alat ini akan dipakai untuk pengujian Covid-19 kepada pasien yang menjalani tes swab.

Wakil Komandan Satgas Covid-19 RSAL dr. Midiyanto Tanjungpinang Letkol Laut dr. Rudy Cahyono mengatakan, alat tersebut masih dalam pemasangan.

"Apabila sudah siap, maka kami akan koordinasi dulu dengan Dinas Kesehatan untuk mendapatkan izin operasionalnya," kata Letkol Laut dr. Rudy Cahyono.

Ia mengatakan, untuk mengoperasikan alat itu pihaknya sudah menyiapkan 9 orang personel dan nantinya akan berikan pelatihan oleh dua orang instruktur dari Jakarta.

PCR itu dikatakannya didatangkan dengan perangkat pendukung lainnya. Untuk pengoperasian alat PCR ini syaratnya menggunakan ruangan gedung sendiri. 

"Alat ini dapat memeriksa sebanyak 1.000 sampel swab, jika Reagen nya habis nantinya kita beli lagi," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya alat itu dapat membantu atugas pokok prajurit TNI khususnya TNI AL, tak menutup kemungkinan juga alat itu dapat membantu masyarakat umum yang membutuhkan pemeriksaan swab.

"Untuk masyarakat Kepri yang membutuhkan  pemeriksaan ini, itu nanti kita bicara, karena untuk mengoperasikan alat ini perlu izin, makanya itu kita nanti akan koordinasi dengan Dinas Kesehatan," jelasnya.

(adi)