Corona Belum Reda, Virus Ebola Baru Merebak di Kongo

Corona Belum Reda, Virus Ebola Baru Merebak di Kongo

Ilustrasi.

Zaire - Gelombang wabah kedua virus Ebola yang mematikan merebak di kawasan Benua Afrika, tepatnya di Republik Demokratik Kongo. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melansir informasi ini, Senin (1/6/2020).

Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan wabah baru ini terjadi dekat Kota Mbandaka di Provinsi Equateur. Demikian dikutip Batamnews dari VOA, Selasa (2/6/2020).

Berbicara lewat radio setempat, Gubernur Provinsi Bobo Boloko Bolumbu juga memastikan adanya empat korban meninggal dunia. Dia mengatakan sampel-sampel telah dikirim ke INRC, markas riset medis nasional di Kinshasa, untuk konfirmasi kedua. Dia mendesak warga untuk tetap tenang, menjaga kebersihan dan tidak bersalaman.

Tahun 2018, provinsi Equateur mengalami wabah Ebola yang menewaskan 33 orang sebelum akhirnya dikendalikan.

Di tempat lain, DRC timur telah berusaha memberantas wabah virus mematikan itu sejak 2018. Wabah itu menewaskan lebih dari 2.240 orang. DRC juga berusaha mengatasi wabah campak, yang terbesar di dunia, serta virus corona yang menyebabkan penyakit COVID-19.

Hampir 3.200 penderita virus corona telah dilaporkan di DRC, menurut Universitas Johns Hopkins, yang melacak perebakan Covid-19. 72 orang dilaporkan meninggal dunia.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews