Aktualisasi Nilai-nilai Luhur Pancasila untuk Membangun Negeri

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Gedung Daerah Tanjungpinang. (Foto: istimewa)

Tanjungpinang - Penyelenggara negara baik di pusat maupun di daerah wajib menjalankan kewajiban melindungi seluruh elemen bangsa. Salah satunya dalam melayani seluruh masyarakat tanpa membeda-bedakan.

Hal ini disampaikan Plt Gubernur Kepri Isdianto mengutip arahan Presiden Joko Widodo dalam amanatnya pada Peringatan Hari Lahir Pancasila, Senin (1/6/2020).

"Bapak Presiden berpesan agar nilai luhur Pancasila dapat terus dilahirkan secara nyata dalam kehidupan, dalam setiap kebijakan dan keputusan pemerintah, bergelora dalam melayani seluruh rakyat," kata Isdianto usai mengikuti rangkaian upacara dari Gedung Daerah, Tanjungpinang.

Presiden Joko Widodo dalam amanatnya mengatakam bahwa, di tengah kondisi dunia yang dilanda oleh pandemi Covid-19, yang menguji daya juang, pengorbanan, kedisiplinan, kepatuhan serta ketenangan dalam mengambil langkah cepat dan tepat.

"Dalam menghadapi ujian tersebut kita patut bersyukur bahwa Pancasila tetap menjadi pedoman dalam menggerakan kita semua untuk mengatasi semua tantangan dengan saling berbagi dan perkokoh kegotongroyongan," lanjut Presiden.

Tugas tersebut bukan hanya ditujukan bagi para penyelenggara negara, Jokowi juga meminta seluruh elemen bangsa untuk memperkokoh tali perstauan dan saling tolong-menolong.

"Bangsa kita adalah bangsa pemenang dalam menghadapi segala tantangan, kekurangan bukan menjadi pelemah, harus di perbaiki dan di jadikan momentum perubahan," tambahnya lagi.

Terakhir, Presiden secara khusus meminta seluruh elemen bangsa agar jangan berhenti berkreasi, tampilkan ketangguhan demi memenangkan masa depan, demi mewujudkan cita-cita luhur para pahlawan pendiri bangsa.

"Mari kokohkan persatuan, berbagi dengan sesama. Tunjukan bangsa kita mampu, memanfaatkan kesulitan jadi lompatan untuk kemajuan," pungkasnya.

Upacara sendiri dilaksanakan secara khidmat melalui video conference dengan menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi covid-19, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kemudian pembacaan Teks Pancasila oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Dilanjutkan pembacaan Pembukaan UUD Tahun 1945 oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, selanjutnya pembacaan Amanat Presiden Jokowi dari Istana Kepresidenan Bogor dan di tutup dengan pembacaan Doa oleh Menko PMK Muhadjir Efendy serta menyanyikan bersama lagu Garuda Pancasila.

Tampak hadir Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Dewan Pengarah BPIP yang juga merupakan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ketua dan Pimpinan Lembaga-Lembaga Negara, Para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Ketua BPIP Yudian Wahyudi beserta para Gubernur se-Indonesia.

Dari pemerintah Provinsi Kepri sendiri, tampak pula hadir Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah, Asisten, Staf Ahli beserta sejumlah Kepala OPD juga Ketua TP-PKK Kepri Meri Isdianto dan Ketua DWP Kepri Rismarini Arif.

(sut)