Antara Pergi Dinas atau Mudik, Sekda Natuna Sebut Kadinkes Tak Koordinasi

Antara Pergi Dinas atau Mudik, Sekda Natuna Sebut Kadinkes Tak Koordinasi

Sekda Natuna, Wan Siswandi. (Foto: Yanto/Batamnews)

Natuna - Kabar mudik ke Tanjungpinang, Kepala Dinas Kesehatan Natuna, Rizal Rinaldy jadi sorotan elemen mahasiswa di Natuna.

Rizal sendiri menyebutkan jika berangkat ke Tanjungpinang dalam rangka koordinasi terkait pasokan alat pelindung diri (APD). Perjalanan dinas itu dilakukan dua hari menjelang Idul fitri.

Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna Wan Siswandi saat di jumpai diruang kerjanya, Kamis (28/05/2020) belum tahu perihal keberangkatan Kadinkes tersebut yang ramai menjadi sorotan.

"Yang bersangkutan tidak ada konfirmasi atau pemberitahuan meminta izin kepada saya. Saya pun baru tau infonya baru-baru ini," terang Wan.

Terkait surat perintah tugas yang dikeluarkan apakah sudah sesuai prosedur perjalanan dinas, Wan mengatakan seharusnya yang menandatangani surat perintah tugas (SPT) tersebut adalah bupati, asisten bupati dan Sekretatis Daerah bukan dirinya sendiri selaku kepala dinas. Meski perjalanan dinas tersebut untuk kepentingan dinas.

Jika memang ada pelanggaran terkait perjalan dinas yang dilakukan, menurut Wan Siswandi pihaknya bisa menindak ASN yang melanggar sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Bila memang ditemukan pelanggaran, maka ada sanksinya. Bisa saja berupa penurunan pangkat atau jabatan, pemindahan tugas sampai pada pemecatan, kita lihat saja hasil penyelidikan dari tim investigasi yang sudah dibentuk," sebut Wansis.

Bupati Natuna, Hamid Rizal telah memerintahkan Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) untuk membentuk tim investigasi guna memenyelidiki dugaan adanya pelanggaran, jka memang Kadinkes Natuna mudik di tengah pandemi covid 19.

Seperti diwartakan sebelumnya, berbekal surat tugas yang ditandatangani sendiri, Rizal ke Tanjungpinang dari tanggal 22 hingga 28 Mei 2020. Hal ini memicu sorotan publik di Natuna mengingat ASN dilarang untuk mudik.

Kendati demikian, Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri Tjetjep Yudiana pun memberikan tanggapan soal tersebut.

Menurut Tjetjep, Rizal memang berkonsultasi dan koordinasi terkait APD yang diserahkan Pemprov Kepri.

"Iya benar, Pak Rizal Rinaldy datang ke Ibukota Kepri, Tanjungpinang dalam rangka konsultasi dan koordinasi terkait APD tersebut," kata Tjetejp di Tanjungpinang, Rabu (27/5/2020).

Memang, tambah Tjetjep, yang bersangkutan yang turun langsung untuk koordinasi dan konsultasi itu. "Hal itu tidak ada yang dilanggar dan tidak salah. Ini kan untuk kebaikan dalam rangka penyiapan APD bantuan dari Pemprov Kepri. Sehingga akan lebih baik di lapangannya. Mudah-mudahan APD ini akan bermanfaat," harap Tjetjep.

Bupati Natuna sebelumnya sudah mengeluarkan surat edaran larangan bagi Aparatur Sipil Negara ( ASN) dan masyarakat Natuna untuk melakukan perjalanan keluar Natuna apalagi Mudik Lebaran.

"Ini murni merupakan perjalanan dinas di mana dalam rangka kordinasi dan konsultasi terkait Alat Pelindung Diri ( APD) dan alat kesehatan ke Dinas Kesehatan Provinsi," ujar Rizal saat dikonfirmasi Batamnews.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews