5 Manfaat Luar Biasa Kurma Bagi Kesehatan

5 Manfaat Luar Biasa Kurma Bagi Kesehatan

Kurma (Foto:ist)

Jakarta - Buah kurma menjadi salah satu makanan yang tak pernah absen tersedia di bulan Ramadhan. Ternyata, selain dapat memberikan energi tambahan pascaberpuasa seharian penuh, mengonsumsi kurma juga dapat memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan.

Cukup dikonsumsi tiga buah setiap hari, berikut manfaat kurma bagi tubuh seperti dilansir dari HiMedik dan foodprevent.com.

1. Mengurangi risiko kanker usus besar

Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Ilmu Pangan dan Gizi menemukan bahwa kurma dapat membantu meningkatkan kesehatan usus besar. Karena kurma membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dan menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar.

Di sisi lain, kurma juga membantu memastikan sistem pencernaan dan usus di dalam tubuh kita sehat serta bebas dari bakteri berbahaya yang meningkatkan risiko kanker.

2. Meningkatkan energi

Kurma yang mengandung gula alami, glukosa, fruktosa dan sukrosa yang membantu meningkatkan energi seseorang.
Pastinya kurma sebagai sumber energi lebih baik dari minuman berenergi. Karena, kurma mengandung komponen sehat seperti serat, potasium, magnesium, vitamin dan antioksidan yang meningkatkan energi.

3. Meningkatkan pencernaan

Kurma memiliki manfaat untuk menjaga sistem pencernaan berjalan lancar dan dalam kondisi baik bebas dari bakteri.nSelain itu, kurma juga mengandung 12 gram serat yang bermanfaat untuk mencegah sembelit dan memperlancar buang air besar secara teratur.

British Journal of Nutrition menemukan orang yang rutin mengonsumsi 7 kurma per hari selama 21 hari memiliki frekuensi buang air besar yang lebih teratur dan lancar daripada yang tidak makan kurma.

 

4. Mengatasi wasir

Wasir adalah vena di anus dan dubur yang membengkak karena meradang. Kondisi ini biasanya terjadi karena ada suatu masalah di ujung saluran pencernaan. Kondisi ini pasti sangat menyakitkan dan membuat tidak nyaman penderitanya. Biasanya dokter akan merekomendasinya untuk mengonsumsi makanan tinggi serat, salah satunya kurma.

5. Meningkatkan sistem kardiovaskular

Kalium yang terkandung dalam kurma ini sangat ajaib menurunkan LDL (kolesterol jahat) yang menyebabkan penyumbatan di arteri sampai akhirnya mengakibatkan serangan jantung dan stroke.

Studi pun telah menemukan orang yang rutin mengonsumsi makanan tinggi kalium setiap harinya memiliki sistem kardiovaskular lebih baik, ia berisiko rendah serangan jantung dan kanker. Karena itu, konsumsi kurma secara rutin setiap harinya dapat membantu kita terhindar dari berbagai masalah penyakit kardiovaskular.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews