Duh, Pasien Positif Corona Batam Ditolak RS Covid-19 Galang

Duh, Pasien Positif Corona Batam Ditolak RS Covid-19 Galang

RS Darurat Covid-19 Galang. (Foto: Dok. Batamnews)

Batam - Satu pasien asal Batam yang terkonfirmasi positif Covid-19 ditolak di RS Darurat Galang. 

Pasien itu merupakan kasus 30 yang baru terkonfirmasi positif pada Minggu (26/4/2020), seorang anggota Polri.

Kadinkes Batam, Didi Kusmarjadi menyayangkan hal tersebut. "RS Galang sementara tidak menerima pasien umum, siang ini mau kami rujuk tapi tidak diterima," ujar Didi via obrolan di aplikasi pesan singkat, Minggu (26/4/2020). 

Didi menyampaikan alasan pihak RS Darurat di Galang adalah karena sementara waktu RS Galang menangani Pekerja Migran Indonesia (PMI), Anak Buah Kapal (ABK) dan rombongan jemaah tabligh--klaster Tabligh Akbar Petaling Malaysia. 

"Untuk jemaah tabligh memang belum ada di sana, tapi peruntukannya untuk tiga itu saja," katanya. 

Pasien 30 dirujuk ke RS Galang, karena RSBP Batam sebelumnya hanya menangani pasien wanita. "Makanya kami minta diatur ulang posisi pasien, agar bisa untuk pasien laki-laki," ucapnya. 

Didi menyampaikan, setelah pihaknya berkoordinasi, Pasien 30 akhirnya bisa dibawa ke RSBP Batam untuk mendapat penanganan medis lebih lanjut. 

Terkait kapasitas RS rujukan di Batam yaitu RSBP Batam dan RSUD Embung Fatimah masing-masing bisa merawat pasien 20 orang. Padahal sebelumnya banyak yang berharap RS Darurat Covid-19 di Galang menjadi andalan, khususnya bagi warga di Batam.

Data saat ini, ada 29 pasien positif Covid-19 di RS Galang. Selain itu ada sebanyak 40 pasien dalam pengawasan (PDP) merupakan ABK KM Kelud dirawat di lokasi itu.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews