Layanan Virbaklin, Konsep Fogging dengan Pengembunan Basmi Virus dan Bakteri

Operasional Manager Virbaklin, Ian Prabudi. (Foto: Ian/Batamnews)

Batam - Ditengah wabah virus Corona atau Covid-19 yang terus mengancam, Virbaklin, layanan sterilisasi antivirus dan antibakteri menawarkan layanan sterilisasi dengan konsep pengembunan.

Virbaklin dikembangkan oleh PT Klin Pedia Indonesia yang saat ini fokus pada sterilisasi ruangan dan mobil.

Operasional Manager Virbaklin, Ian Prabudi mengatakan, usaha yang dirintis pada akhir Maret di Batam ini lebih diminati untuk pembersihan mobil oleh masyarakat.  

"Sejauh ini masyarakat masih memesan untuk mobil, karena mobil dinilai lebih berisiko, serta bakteri dan virus tidak terlihat," kata Ian saat mengunjungi Batamnews, Senin (20/4/2020).

Kendaraan seperti mobil dinas dan transportasi umum menurutnya berisiko terpapar virus dan bakteri. Hal ini karena penumpang yang berganti-ganti.

Namun tidak hanya mobil, layanan ini juga bisa dimanfaatkan untuk sterilisasi rumah, kantor, gudang dan ruangan tertutup lainnya.

"Kita fokusnya indoor karena fungsi layanan kami membasmi virus dan bakteri. Orang saat ini bisa saja berfikir suatu ruangan bersih tapi bisa saja hanya tampak bersih. Virus dan bakteri bisa saja ada namun tidak terlihat. Terutama ruangan yang banyak aktivitas di dalamnya atau sisa tumpahan makanan yang sudah mengering berhari-hari," ujar Ian.

Proses sterilisasi dari Virbaklin dilakukan dengan konsep fogging atau pengembunan menggunakan cairan desinfektan sanifect.

Proses pengembunan yang mengubah cairan khusus menjadi kabut ultra halus ini diharapkan bisa membersihkan lebih merata hingga sela interior terkecil sehingga virus dan bakterinya juga hilang karena partikel kabut cukup kecil.

"Kami juga sengaja memilih cairan ini karena lebih aman, tidak beracun,non alcohol dan tidak berefek pada benda-benda yang mudah meresap cairan seperti kain. Tapi kami sarankan benda-benda makanan dipindahkan saat fogging," jelas Ian.

Tarif layanan strerilisasi dari Vibraklin Rp 100 ribu untuk mobil. Untuk rumah atau ruangan, layanan ini tarifnya Rp 1.500 - 3.000 per meter persegi.

Proses pembersihan untuk ruangan akan langsung dilakukan dengan pengembunan, sedangkan untuk mobil akan dilakukan pembersihan menggunakan vacum cleaner terlebih dahulu.

Untuk pemesanan layanan bisa dilakukan melalui laman www.virbaklin.com atau telephone dan WhatsApp 081270272745. Layanan ini bisa dilakukan setidaknya 2 bulan sekali.

"Saat proses pengembunan seluruh ruangan akan tertutup kabut  dan tidak akan kelihatan apa-apa sama sekali, jadi walaupun aman disarankan pelanggan tidak berada di dalam ruangan saat sterilisasi dilakukan," ucapnya.

(das)