Ekonomi Sulit, Kombes Arie Khawatir Aksi Begal Meningkat

Ekonomi Sulit, Kombes Arie Khawatir Aksi Begal Meningkat

Dirkrimum Polda Kepri, Kombes Pol Arie Dharmanto.

Batam - Tingkat kriminalitas di tengah pandemi Covid-19 di beberapa Kabupaten/Kota di Kepulauan Riau, meningkat beberapa pekan ini. Apalagi ekonomi masyarakat terhempas oleh dampak pembatasan sosial.

Dirkrimum Polda Kepri, Kombes Pol Arie Dharmanto mengatakan, meski di awal-awal wabah ini mulai memasuki Kepri, situasi terlihat masih aman dan kondusif, namun kendati tak merinci data, Arie mengakui beberapa minggu belakangan ini tingkat kejahatan cukup meningkat.

"Kita dapat laporan dari Polsek dan sekitarnya, kejahatan yang meningkat seperti curat, curas atau begal,” ujar Arie, Jumat (17/4/2020) di Polda Kepri.

Untuk mengantisipasi angka kriminalitas semakin tinggi, Arie yang juga sebagai Kasatgas V Gakum Ops Res Aman Nusa ini mengaku sudah menempatkan anggotanya di tiap-tiap darah yang terbilang tinggi tingkat kejahatannya.

“Di saat semua orang sedang menjalankan imbauan pemerintah (physical distancing dan Work From Home, jangan sampai ada oknum dan pelaku kejahatan untuk berbuat jahat. Kami sudah membagi anggota di tiap-tiap wilayah Kabupaten dan Kota, untuk melakukan patroli dan mapping (pemetaan),” kata Arie.

Arie juga menegaskan, dia tidak memberikan toleransi untuk tempat-tempat hiburan yang masih nekat buka saat pandemi seperti ini.

“Kami sudah berkomitmen untuk tempat-tempat hiburan malam harus tutup. Kami sudah beberapa kali memberikan himbauan dan toleransi kepada para pengusaha hiburan malam, yang masih nekat melanggar kami proses,” ucap Arie.

(ude)