Pasien Pulih dari Covid-19 di Singapura Sumbangkan Darah untuk Terapi Plasma

Pasien Pulih dari Covid-19 di Singapura Sumbangkan Darah untuk Terapi Plasma

Ilustrasi.

Singapura - Sebelas orang yang telah pulih dari COVID-19 telah direkrut untuk menyumbangkan darah sebagai bentuk perawatan baru virus corona, kata seorang direktur di Pusat Nasional untuk Penyakit Infeksi (NCID) Singapura.

Dilasnir Channel News Asia, Senin (13/4/2020l), direktur klinis Dr Shawn Vasoo mengatakan lebih dari 100 pasien yang telah pulih dari COVID-10 diskrining dan 11 dari mereka direkrut dan sedang menjalani penilaian.

Jika mereka dinilai cocok, mereka akan mendonorkan darah untuk digunakan dalam terapi plasma konvensional, yang "berdasarkan prinsip bahwa pasien yang pulih memiliki antibodi pelindung yang dapat membantu melawan infeksi", kata Dr Vasoo.

Terapi ini melibatkan pengambilan sel darah dari darah, meninggalkan plasma, yang akan digunakan untuk mengobati pasien dengan COVID-19 yang mungkin menderita sakit kritis.

"Hal Ini telah digunakan untuk infeksi lain, termasuk influenza dan SARS. Namun hal ini masih dianggap sebagai terapi baru dan belum terbukti untuk COVID-19, seperti dengan perawatan antivirus yang sedang digunakan (off-label, penggunaan penuh kasih atau sebagai bagian dari suatu uji klinis)," kata Dr Vasoo.

Walaupun manfaat terapi plasma belum terbukti untuk COVID-19 dan profesional medis membutuhkan data lebih lanjut dari uji coba yang dilakukan dengan baik dan studi observasi klinis, terdapat kasus untuk mencoba pengobatan, kata Vasoo.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews