Lima Tips Agar Lulus Medical Examination Sekolah Pilot

Lima Tips Agar Lulus Medical Examination Sekolah Pilot

Ilustrasi. (Foto: sekolahpilot.com)

APA yang menyebabkan seseorang gagal masuk sekolah pilot selain karena kurangnya dana? Dari serangkaian tes masuk sekolah pilot (seperti tes Bahasa Inggris, aptitude, psikotest), tes kesehatan atau medical examination (MEDEX) sering menjadi batu sandungan bagi banyak calon siswa. 

Dihimpun dari www.sekolah-pilot.com, lembaga konsultan Pendidikan sekolah pilot, Berikut 5 tips yang dapat membantu agar lulus MEDEX:

Jaga tekanan darah normal
Cek darah bertujuan untuk mengetahui tensi atau tekanan darah serta kolesterol dan hemoglobin. Calon pilot harus memiiki tekanan darah normal, agar terhindar dari resiko penyakit berbahaya.

Menjaga tekanan darah agar tetap normal tidak begitu sulit, caranya dengan mengkonsumsi buah, sayur, dan makanan kaya serat dan rendah lemak. Kacang-kacangan, biji-bijian juga tak kalah bagusnya. 

Perhatikan kesehatan mata
Menjaga kesehatan mata itu penting bagi siapapun, terutama bagi yang ingin mendaftar ke sekolah pilot. Konsumsi makanan yang kaya vitamin A, kurangi melihat layar monitor terlalu dekat, dan checkup secara rutin. Jangan lupa gunakan kacamata pelindung ketika dibutuhkan. Selagi tidak buta warna, tes penglihatan bukan masalah besar bagi Anda. Penggunaan kacamatapun diperbolehkan di beberapa sekolah pilot. 

Periksa kesehatan gigi
Gigi pilot tidak boleh berlubang. Tekanan udara pada ketinggian dapat menimbulkan sakit gigi. Sebagaimana yang kita ketahui, sakit gigi juga berdampak besar pada saraf manusia.

Seorang pilot dapat kehilangan fokus jika mengalami ini saat menerbangkan pesawat. Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi dan periksa gigi secara rutin juga sangat penting. Bagaimana jika ada gigi yang berlubang? Cukup tambal gigi yang berlubang tersebut.

Atasi gangguan pendengaran
Tes audiometri terdengar sepele karena kita semua selalu merasa mampu mendengar sehari-hari dengan baik. Tes ini bertujuan untuk memastikan apakah calon siswa memiliki gangguan pendengaran yang mungkin disebabkan oleh faktor umur, kebiasaan mendengarkan musik terlalu keras, atau infeksi.

Apabila ada gangguan pendengaran, segeralah periksa dan berobat ke dokter THT. Sebagai bentuk pencegahan dan perawatan, telinga harus dibersihkan secara rutin.  

Hindari rokok dan makanan berlemak
Jantung dan Paru-paru akan dicek pada saat tes Medex melalui tes ECG (electrocardiogram) dan rontgen paru-paru. Agar kedua organ ini tetap prima, hindari kebiasaan merokok dan makan makanan berlemak yang berlebihan. 

Tips di atas harus juga dibarengi dengan latihan fisik secara teratur, seperti push up, sit up dan jogging. Dengan demikian, Anda mampu melalui proses MEDEX dengan lancar.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews