Kabar Baik, Bayi Positif Covid-19 di Yogya Dinyatakan Sembuh

Kabar Baik, Bayi Positif Covid-19 di Yogya Dinyatakan Sembuh

ilustrasi.

Yogyakarta - Bayi asal Kabupaten Kulon Progo yang sebelumnya dikabarkan positif virus corona (Covid-19) dinyatakan sembuh. Bayi tersebut selama ini dirawat di RS Wates.

Disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo, Sri Budi Utami, menurut hasil tes swab kedua, Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta, yang rilis pada Sabtu (4/4/2020), bayi berusia empat bulan itu dinyatakan telah negatif corona.

"Kemarin (Sabtu) sudah ada data lab yang menyatakan hasilnya negatif," ujar Sri Budi Utami, pada Minggu (5/4/2020) pagi.

Dikabarkan sebelumnya, bayi berjenis kelamin laki-laki asal Kapanewon Wates itu telah dirawat di RSUD Wates sejak Selasa (17/3/2020) karena mengalami demam dan sesak nafas. Gejala ini ia dapati setelah berpergian ke salah satu kota di Jawa Tengah bersama orang tuanya.

Untuk alasan keamanan--mengingat riwayat perjalanan dan gejala sakit yang diderita-- RSUD Wates lantas mengisolasi bayi tersebut. Bayi tersebut juga dimasukkan ke dalam kriteria Pasien Dalam Perawatan (PDP).

Meski saat ini sudah dinyatakan negatif, bayi tersebut belum diperbolehkan pulang. Hingga kini, bayi itu masih dalam perawatan pihak RSUD Wates. Meski demikian, Sri menyatakan, proses perawatan ini tidak akan belangsung lama.

"Mungkin untuk satu atau dua hari ini, sambil memastikan bahwa kondisi secara umum siap untuk dipulangkan," ujar Sri, melansir dari Harianjogja.

Selama proses perawatan di RSUD Wates, BBTKLPP Yogyakarta sudah melakukan tes swab untuk kali pertama terhadap bayi tersebut. Hasil tes yang keluar pada Rabu (25/3/2020) itu menunjukkan bahwa bayi tersebut positif terjangkit corona.

Berdasarkan hasil swab tersebut, bayi ini masih harus menjalani perawatan di RSUD Wates. Selama proses perawatan berlangsung, sampel spesimen bayi kembali diuji oleh BBTKLPP Yogyakarta. Pada Sabtu (4/4/2020), hasil tes swab kedua itu telah keluar, dan hasilnya menunjukan bahwa bayi tersebut dinyatakan negatif corona.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews