Riau Kembali Dikepung Asap Tebal, Ratusan Titik Panas Terdeteksi

Riau Kembali Dikepung Asap Tebal, Ratusan Titik Panas Terdeteksi

Kabut Asap di Pekanbaru Kian Parah. (foto: istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Pekanbaru - Asap kebakaran lahan di Riau sempat menghilang selama dua pekan karena turun hujan. Namun hari ini, titik panas terdeteksi ada 672 di Sumatera yang membuat langit Riau kembali dikepung asap.

Berdasarkan data BMKG Pekanbaru, Rabu (19/8/2015) melalui satelit Terra/Aqua pada pukul 16.00 WIB, diketahui sebaran titik panas ada 672 di Sumatera. Dari jumlah tersebut, titik panas terbanyak berada di Provinsi Sumsel 302 titik, dan Jambi 224 titik panas.

Selanjutnya titik panas juga terdapat di Lampung 26 titik,  Bengkulu 7 titik, Kepulauan Riau 1 titik,  Sumatera Utara 3 titik, Babel 26 titik, Bengkulu 7 titik dan  Sumatera Barat 4 titik.

"Untuk Provinsi Riau terdeteksi ada 84 titik panas di 8 kabupaten. Kabupaten Indragiri Hulu dan Pelalawan merupakan daerah dengan jumlah titik panas terbanyak dengan 38 dan 14 titik panas," kata Kepala BMKG Pekanbaru, Sugarin dilansir detik.

Sugarin menyebutkan, dari 84 titik panas, maka dapat dipastikan 70 persen adalah titik api. "Dengan 70 persen, maka dipastikan ada 49 titik api di Riau," kata Sugarin.

Akibat sebaran titik api, mulai pagi hingga sore hari langit Pekanbaru tampak diselimuti asap tebal. Jarak pandang di beberapa tempat di bawah 2 km dan maksimal hanya 4 km.

(ind/detik)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews