Qunut Nazilah, Bisa Dibaca Sebagai Doa Terhindar Wabah Corona

Qunut Nazilah, Bisa Dibaca Sebagai Doa Terhindar Wabah Corona

Ilustrasi.

Batam - Doa Qunut Nazilah merupakan salah satu amalan atau doa yang dianjurkan untuk dilakukan umat Islam saat ditimpa musibah. Sebenarnya, Doa Qunut Nazilah hampir sama dengan bacaan Doa Qunut Subuh. Namun pada Doa Qunut Nazilah, dapat ditambahkan sesuai kepentingan yang berkaitan dengan musibah yang terjadi.

Umat Islam dianjurkan membaca Doa Qunut Nazilah ketika ditimpa musibah, salah satunya seperti musibah wabah Corona, seperti saat ini. Doa Qunut Nazilah disunnahkan untuk dibaca pada sholat lima waktu, dari Shubuh sampai Isya.

Bacaan qunut nazilah disesuaikan dengan musibah yang menimpa umat Islam. Doa tersebut dilafalkan dalam bahasa Arab yang intinya memohon kepada Allah agar musibah itu segera diangkat dan berakhir.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga mengeluarkan tausiyah terkait penyebaran virus Corona di Indonesia pada Selasa (3/3/2020) lalu. Dewan Pimpinan MUI mengajak semua elemen bangsa, khususnya yang beragama Islam, untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT agar terhindari dari musibah ini, salah satunya dengan membaca Doa Qunut Nazilah.


Bacaan Doa Qunut Nazilah Beserta Artinya

"Allahumma inna nasta'inuka wa nastaghfiruka, wa nastahdika wa nu'minu bika wa natawakkalu alaika, wa nutsni alaikal khaira kullahu nasykuruka wa la nakfuruka, wa nakhla'u wa natruku man yafjuruk. Allahumma iyyaka na'budu, wa laka nushalli wa nasjud, wa ilaika nas'a wa nahfid, narju rahmataka wa nakhsya adzabak, inna adzabakal jidda bil kuffari mulhaq."

 

Artinya:

"Ya Tuhan kami, kami memohon bantuan-Mu, meminta ampunan-Mu, mengharap petunjuk-Mu, beriman kepada-Mu, bertawakkal kepada-Mu, memuji-Mu, bersyukur dan tidak mengingkari atas semua kebaikan-Mu, dan kami menarik diri serta meninggalkan mereka yang mendurhakai-Mu. Tuhan kami, hanya Kau yang kami sembah, hanya kepada-Mu kami hadapkan sholat ini dan bersujud, hanya kepada-Mu kami berjalan dan berlari. Kami mengharapkan rahmat-Mu. Kami takut pada siksa-Mu karena siksa-Mu yang keras itu akan menimpa orang-orang kafir."


Bacaan Doa Qunut Nazilah Sesuai Imbauan MUI

Allahummahdini fi man hadait, wa afini fi man afait wa tawallani fi man tawallait, wa barikli fi ma athait, wa qini syarra ma qadhait, fa innaka taqdhi wa la yuqdha alaik, wa innahu la yadzillu man walait, wa la yaizzu man adait, tabarakta rabbana wa taalait, fa lakalhamdu ala ma qadhait, astgahfiruka wa atubu ilaik.

Allahummadfa annal ghalaa wal wabaa wal fakhsyaa wal munkar was syuyufal mukhtalifata was syadaidal mihan, ma dzhara minha wa ma bathana, min baladina hadza khassah, wa min buldanil muslimina aammah, innaka ala kulli syaiin qadir, wa shallallahu ala sayyidina muhammadin wal hamdulillahi rabbil alamin.

Artinya:
Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya.


Tata Cara Membaca Doa Qunut Nazilah

Doa Qunut Nazilah disunnahkan untuk dibaca di setiap sholat fardhu untuk menangkal turunnya musibah atau mala petaka, dengan tata cara sebagai berikut:

*Dilakukan di setiap sholat fardhu di rakaat terakhir setelah ruku'.

*Membaca Doa Qunut Nazilah dengan lengkap sesuai yang diajarakan.

*Dibaca pelan saat sholat sirriyah (sholat yang disunnahkan tidak mengeraskan suara, yaitu sholat Dhuhur dan sholat Ashar) dan dibaca keras saat sholat jahriyah (sholat yang disunnahkan mengeraskan suara, yaitu sholat Maghrib, Isya' dan Subuh), baik ketika menjadi imam atau sedang sholat sendirian.

*Bagi imam sholat jama'ah, saat membaca Doa Qunut Nazilah ini agar mengumumkan lafadz doanya, yaitu dengan mengubah kata ganti untuk diri sendiri menjadi kata ganti untuk orang banyak, dan makmum cukup mengaminkannya.


Imbauan MUI untuk Umat Islam dalam Menghadapi Musibah Corona

1. Sesuai dengan tausiyah yang digelar oleh MUI, Dewan Pimpinan MUI mengeluarkan fatwa sekaligus himbuan untuk masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam, dalam menghadapi musibah virus Corona ini, antara lain:

2. Mengajak semua elemen bangsa, khususnya yang beragama Islam, untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT agar terhindar dari musibah corona ini, yaitu dengan memperbanyak taubat, memohon ampun kepada Allah SWT, meninggalkan perilaku dzalim, memperbanyak sedekah, dan meninggalkan permusuhan.

3. Mengajak umat Islam agar memperbanyak wudhu sesuai tata caranya secara benar dan sempurna, khususnya saat mencuci kedua tangan (ghaslul kaffaini) agar melakukannya lebih ekstra dengan memakai sabun agar diyakini lebih bersih, saat berkumur (tamadhmudh) dan saat membersihkan hidung (istinsyaq. Karena sesuai keterangan para ahli kesehatan, cara-cara tersebut diyakini dapat menangkal penularan virus corona.

4. Mengimbau semua agar tetap tenang, bersatu, mengedepankan sikap saling membantu, menghindarkan perilaku saling berbantah dan saling menyalahkan serta tidak menyebarkan informasi hoax terkait dengan virus corona.

5. Meminta umat Islam agar berpegang teguh kepada pola hidup yang islami, dimulai dengan makanan, minuman, pakaian dan muamalah demi meraih ridho Allah SWT sesuai perintah agama.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews