Alhamdulillah, 82 Warga Kepulauan Riau Negatif Virus Corona

Alhamdulillah, 82 Warga Kepulauan Riau Negatif Virus Corona

Rumah Sakit Umum Daerah Raja Ahmad Tabib, Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Tanjungpinang - Sebanyak 82 orang warga di Kepulauan Riau yang sempat menjalani karantina dinyatakan negatif dari virus Corona. Kepastian ini mendasarkan pada hasil uji laboratorium.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri Tjetjep Yudiana mengatakan hasil uji laboratorium dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kementerian Kesehatan RI telah keluar pada Selasa (10/3/2020).

"Sebelumnya kan baru 77 orang yang dinyatakan negatif virus Corona dari total 82 orang dari hasil lab itu. Dan hari ini hasil lab sudah keluar, dimana lima orang lagi dinyatakan negatif," kata Tjetjep di Tanjungpjnang, Selasa (10/3/2020).

Jadi lanjut Tjetjep keseluruhan dari 82 orang yang diduga terjangkit virus corona dan di tangani di rumah sakit di Provinsi Kepri bebas atau tidak tertular oleh virus corona yang mematikan tersebut.

"Hasil lab sudah keluar. Seluruhnya 82 sample negatif. Saya juga dengan hal ini sudah melapor ke Gubernur," ujar Tjetjep.

Ditegaskan Tjetjep dari 82 kasus suspect corona tersebut merupakan temuan kasus di seluruh wilayah Kepri, mulai diidentifikasi sejak 26 Januari hingga 5 Maret lalu. 

Jumlah kasus tersebut tambah Tjetjep sesuai dengan temuan pihak yang berwenang dimana ada gejala dan riwayat kontak langsung serta perjalanan ke negara terjangkit. 

"Status ke-82 orang ini terdiri, 19 pasien dalam pengawasan dan 63 pasien pemantauan," ujar Tjejep lagi.

Dengan hal ini sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) penanganan yang dikeluarkan Kemenkes, masing-masing pasien harus diisolasi di rumah sakit yang telah ditunjuk.

"Alhamdulillah dari jumlah itu tidak ada satu pun yang positif. Jadi hingga saat ini Kepri masih terbebas dari virus corona," tegas Tjetjep.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang Rustam menambahkan ada dua warga yang masih dirawat meski hasil laboratorium menunjukkan mereka negatif virus Corona.

"Untuk sakitnya apa saya tidak bisa memberi tahu, yang jelas warga kita ini negatif (corona) hasilnya," sebut Rustam.

Rustam berharap terhadap pihak keluarga pasien dan masyarakat Tanjungpinang tetap menjaga pola hidup sehat. Selain itu membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun saat mau makan.

"Perilaku hidup sehat tetap kita terapkan, dan kita juga turun ke sekolah memberikan edukasi cuci tangan pakai sabun," ujarnya.

(sut/adi)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews