Kafilah 12 Kecamatan Berlaga di MTQ XII Kabupaten Karimun

Kafilah 12 Kecamatan Berlaga di MTQ XII Kabupaten Karimun

Bupati Karimun Aunur Rafiq memukul beduk sebagai tanda dibukanya MTQ XII Karimun. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XII Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau resmi dibuka pada Minggu (8/32020) malam. Sebanyak 12 kecamatan se-Karimun mengirimkan kafilah terbaik dalam ajang ini.

MTQ ini akan berlangsung selama empat hari, mulai dari tanggal 8 hingga 12 April 2020 di taman lapangan Imperium, Jalan Poros, Kecamatan Meral, Karimun.

Pembukaan langsung oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq. Pembukaan MTQ juga dihadiri oleh Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyam, Sekda Muhammad Firmansyah, lalu Unsur Pemerintah Kecamatan, Kepala OPD, FKPD.

Hadir juga sejumlah anggota DPRD Provinsi Kepri dapil Karimun, serta bakal calon Gubernur Kepri, Soerya Respationo.

Acara pembukaan juga dihadiri oleh tokoh agama dan masyarakat Karimun serta belasan ribu masyarakat,

"MTQ bagi kita sudah asing lagi, khususnya di Karimun, mulai dari tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten," kata Aunur Rafiq.

Diharapkan, MTQ ini dapat memupuk rasa persaudaraan meningkatkan iman dan takwa dari lantunan kalam Illahi yang mampu menciptakan suasana yang religius.

"Ini tidak hanya syiar Islam saja, tapi mampu menciptakan suasana yang religius dari nilai Alquran yang perlu ditumbuhkembangkan," kata Rafiq.

Dengan ditanamkannya nilai-nilai Alquran, juga akan dapat meningkatkan keteladanan pada setiap masing-masing individu dan lingkungan.

Tujuannya agar dapat menuju pada pemahaman yang tidak hanya seremonial saja, namun berlandaskan nilai Qurani.

"Nilai Alquran perlu ditumbuhkembangkan. Sehingga generasi penerus mempunyai keteladanan kepada orang tua, guru. Bahkan keteladanan seorang pemimpin kepada masyarakat," ucap Rafiq.

Dengan dibukanya secara resmi MTQ yang telah menjadi agenda tahunan tersebut, Bupati Karimun memberikan semangat kepada kafila yang akan bertanding, dan dewan hakim dapat bijaksana dalam memberi penilaian.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews