5 Dampak Paling Ngenes Virus Corona yang Bikin Dunia Merana

5 Dampak Paling Ngenes Virus Corona yang Bikin Dunia Merana

Pemandangan udara bangunan perumahan dan komersial Wuhan di provinsi Hubei, lokasi di mana virus corona pertama kali merebak. (AFP / Hector Retamal)

Batam - Dampak virus corona terhadap perekonomian global diperkirakan lebih dahsyat dibandingkan epidemi severe acute respiratory syndrome (SARS) pada 2003. Pasalnya, peran Tiongkok terhadap perekonomian dunia sudah berkembang empat kali lipat dibandingkan 2003.

Bedasarkan skenario dasar yang dilakukan oleh para profesional di bidang medis, kondisi darurat kesehatan di Tiongkok akan terkendali pada akhir Maret 2020. Pada saat itu, pemerintah akan mencabut karantina yang diterapkan di beberapa daerah dan aktivitas ekonomi kembali normal.

EIU memprediksi Pemerintah Tiongkok akan menerapkan stimulus fiskal dan moneter untuk memulihkan ekspansi ekonomi. Sehingga, ekonomi negeri Panda dan perekonomian global akan pulih pada semester II 2020.

Berdasarkan hitungan EIU, ada 20% peluang virus corona tidak bisa dikontrol hingga pertengahan 2020. Namun, hanya ada 5% kemungkinan virus corona akan bertahan lebih lama dari 2020.

Dalam skenario terburuk, dampak ekonomi virus corona bakal lebih dalam dan bertahan lama. Kondisi ini menyebabkan disrupsi terhadap perdagangan global semakin parah, rantai pasokan harus dialihkan dari Tiongkok ke negara lain. Beberapa negara diprediksi akan menerapkan hambatan-hambatan tarif pada perdagangan bilateral.

Kerugian ekonomi global sebagai dampak virus corona diperkirakan mencapai US$ 1 triliun lebih. Artinya, angka kerugian ini hampir setara dengan pendapatan Indonesia selama satu tahun.

Berikut 5 dampak lain dari virus corona yang membuat pusing seisi dunia  


1. Olimpiade Tokyo terancam batal

Anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang juga mantan atlet renang, Dick Pound, mengatakan Olimpiade 2020 kemungkinan akan dibatalkan jika wabah virus corona tak terkendali dan terbukti terlalu berbahaya. Dia bahkan menegaskan opsi pembatalan lebih dipertimbangkan dibanding menunda Olimpiade atau memindahkannya.

Pound menyatakan keputusan akhir tentang penyelenggaraan Olimpiade Tokyo akan dikeluarkan pada akhir Mei 2020.  "Mungkin sekitar itu (akhir Mei). Saya bilang, orang akan bertanya-tanya apakah semua ini (virus corona) terkendali sehingga kita bisa yakin pergi ke Tokyo atau tidak," kata Pound pada wawancara dengan Associated Press, seperti dilansir Guardian, Rabu (26/2/2020).


2. Arab Saudi Setop Perizinan Umrah Akibat Virus Corona

Arab Saudi menghentikan izin perjalanan ibadah umrah ke situs-situs suci Mekkah dan Madinah akibat penyebaran virus corona atau Covid-19 yang semakin meluas.

Seperti dilansir Mirror yang mengutip Saudi Press Agency, Arab Saudi mengeluarkan larangan itu dalam upaya menghentikan penyebaran virus dengan menunda masuknya turis ke kota-kota suci.

Kementerian Luar Negeri Kerajaan mengatakan pihaknya mengambil tindakan pencegahan sejalan dengan upaya organisasi kesehatan dunia (WHO) untuk menghentikan lonjakan korban akibat wabah itu. Tiap tahun, Arab Saudi menerima jutaan umat Muslim melakukan perjalanan Haji dan Umrah. Namun kondisi ini menyebabkan sejumlah negara tak bisa melakukan ibadah Umrah termasuk Indonesia.


3. Syuting Film Mission: Impossible 7 Terkendala Wabah Corona

Ketakutan mengenai wabah corona juga mengganggu dunia perfilman karena sejumlah sinema tidak bisa tayang di negara-negara terdampak virus. Kini, proses produksi film Hollywood juga termasuk bidang yang terpengaruh.

Dikutip dari laman Sky News, proses syuting Mission: Impossible 7 ditangguhkan karena wabah corona di Italia. Rumah produksi Paramount Pictures mengumumkan pembatalan pengambilan gambar yang semula dijadwalkan berlangsung tiga pekan di Venesia.

"Kami sangat berhati-hati menjamin keselamatan dan kesejahteraan para pemain dan kru. Selama masa jeda ini kami akan terus memantau para kru dan memungkinkan mereka kembali ke rumah sampai produksi dimulai," kata Paramount pada pernyataan resminya.


4. Sejumlah Laga Serie A Ditunda karena Wabah Corona

Sejumlah pertandingan sepak bola Serie A di wilayah Italia utara Lombardy dan Veneto tidak akan dimainkan pada Minggu karena wabah virus corona, kata pemerintah Italia dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters, Minggu (23/2/2020).

Tiga pertandingan yang terkena dampak adalah laga antara Inter Milan dan Sampdoria, Atalanta melawan Sassuolo dan Hellas Verona melawan Cagliari. Tidak ada informasi kapan pertandingan tersebut akan dijadwal ulang.

Pertandingan Serie B yang menampilkan Ascoli melawan Cremonese sudah dibatalkan pada hari Sabtu sekitar satu jam sebelum kick off yang dijadwalkan karena kekhawatiran akan virus corona.

Italia sedang menangani wabah virus corona terburuk yang pernah tercatat di Eropa, dengan dua orang meninggal di wilayah utara sejak Jumat dan hampir 60 orang terinfeksi.

 

5. Dampak Masif Virus Corona ke Ekonomi RI

Menteri Keuangan Sri Mulyani memperingatkan bahwa wabah virus corona baru di China, yang merupakan salah satu mitra dagang terbesar di Indonesia, bisa mengerem pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga 4,7 persen pada tahun 2020, di bawah target pemerintah yaitu 5,3 persen.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia memang telah melambat hingga 5,02 persen pada tahun 2019, paling lambat dalam tiga tahun terakhir, di tengah lesunya ekonomi dunia. Untuk mengantisipasi dampak tersebut, pemerintah menyiapkan paket stimulus sebesar Rp10 triliun yang diambil dari cadangan APBN 2020.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews