30 Tahun Jadi Presiden Mesir, Husni Mubarak Wafat di Usia 91 Tahun

30 Tahun Jadi Presiden Mesir, Husni Mubarak Wafat di Usia 91 Tahun

Husni Mubarak. (Foto: guardian.co.uk)

Mesir - Stasiun televisi pemerintah Mesir hari ini melaporkan mantan Presiden Husni Mubarak yang pernah berkuasa selama 30 tahun meninggal dalam usia 91 tahun.

Putra Mubarak, Alaa, dalam beberapa hari terakhir di media sosial mengabarkan kondisi kesehatan ayahnya yang semakin memburuk.

Dilansir dari laman Aljazeera, Selasa (25/1/2020), Mubarak yang merupakan perwira militer dari Angkatan Udara menjadi presiden keempat Mesir pada 1981 delapan hari setelah Presiden Anwar Sadat tewas karena dibunuh. Mubarak sebelumnya menjabat sebagai wakil presiden pada 1975. Dia kemudian menyatakan mundur ketika terjadi gelombang unjuk rasa Musim Semi Arab pada 11 Februari 2011.

Mubarak kemudian dipenjara dan dibebaskan pada 2017.

Ketika berkuasa pemerintahannya didera masalah korupsi, kekerasan polisi, politik represif dan masalah ekonomi.

Mubarak didiagnosa kanker perut pada 2011 dan sejak dipenjara kesehatannya kian memburuk dan sempat mendapat serangan jantung setelah dia dinyatakan bersalah karena diduga memerintahkan demonstran dibunuh.

Namun kabar kematian Mubarak belum dikonfirmasi oleh keluarga atau pengacaranya.

Setelah Mubarak lengser, tokoh Ikhwanul Muslimin Muhammad Mursi terpilih sebagai presiden Mesir tapi kemudian pada 2013 Mursi dikudeta oleh panglima militer Abdul Fatah al-Sisi.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews