Permainan Tradisional Melayu Semarakkan Festival Jong Race Keter 2020

Permainan Tradisional Melayu Semarakkan Festival Jong Race Keter 2020

Peserta menyiapkan perahu mini tanpa awak di Festival Jong Race Keter 2020. (Foto: Ari/batamnews)

Bintan - Festival Jong Race Keter 2020 dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam di Kampung Keter, Kelurahan Tembeling Tanjung, Kecamatan Teluk Bintan, Jumat (14/2/2020).

Dalmasri Syam mengatakan iven tradisional ini telah menjadi agenda rutin di Kabupaten Bintan yang harus terus dijaga, dilestarikan dan dikembangkan.

“Ini aset yang sangat berharga. Jadi mari kita jaga bersama, lestarikan terus agar anak cucu kita dapat merasakan dan mewarisi tradisi berharga,” ujarnya. 

Jong race tahun ini diikuti kurang lebih 450 peserta dari berbagai komunitas yang berasal dari Kabupaten Bintan dan Tanjungpinang. Dalam lomba perahu ini dibagi dalam dua kategori yaitu Jong besar dan Jong sedang. 

Kompetisi ini akan berlangsung selama tiga hari dimulai dari 14-16 Februari 2020. Memeriahkan acara ini, juga digelar perlombaan lainnya seperti pangkak gasing, permainan rakyat dan karaoke di malam hari. 

“Kita inginkan iven ini juga mampu menarik kunjungan wisatawan mancanegara (wisman). Karena sangat potensial bahkan bisa sampai internasional. Yang penting kita usahaan bersama-sama semaksimal mungkin,” jelasnya.

Ketua Panitia Festival Jong Race Keter 2020, Arani menjelaskan bahwa Jong adalah perahu atau sampan mini tanpa awak. Jong telah menjadi salah satu identitas masyarakat bahkan ikon Kampung Keter. 

“Permainan ini telah mendarah daging atau turun-temurun. Maka kita perkenalkan tradisi ini ke lainnya sehingga menjadi iven saat ini,” sebutnya.

Tahun ini, kata Arani, pesertanya masih tetap ramai. Ini bukti dari antusiasnya komunitas-komunitas jong untuk terus melestarikan permainan tradisional.

Namun iven ini tidak bisa dilaksanakan secara tiba-tiba melainkan harus menunggu musim yang tepat yaitu ketika memasuki Angin Utara.

“Kalau masuk utara baru bisa. Harapan kita tentu agar iven ini semakin kuat gaungnya dan bisa semakin dikenal masyarakat luar bahkan mancanegara,” katanya.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews