Bantuan Kapal Nelayan Bintan Berkurang Akibat DAK Minus

Bantuan Kapal Nelayan Bintan Berkurang Akibat DAK Minus

Ilustrasi.

Bintan - Kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diterima Dinas Perikanan Bintan 2020 ini berkurang, dari Rp 1,8 miliar di tahun lalu menjadi Rp 1,7 miliar di tahun ini.

Kepala Dinas Perikanan Bintan, Fachrimsyah mengaku sempat gagal melelang bantuan kapal sebesar Rp 1,8 miliar di tahun lalu. Akibatnya para nelayan di beberapa kecamatan tak dapat menerima 33 unit kapal berkapasitas 2 Gross Ton (GT).

“Tahun lalu kita gagal kelola dan lelang kapal nelayan. Jumlahnya ada 33 unit saat itu, kita minta para nelayan bersabar dan kami jamin tahun ini akan menerimanya,” ujar Fachrim, kemarin.

Tahun ini, pihaknya berjanji akan mengelola DAK yang dikucurkan sebesar Rp 1,7 miliar. Dana yang bersumber dari APBN 2020 itu akan digunakan untuk pengadaan 31 unit kapal nelayan atau mengalami pengurangan 2 unit dari rencana pengadaan tahun lalu.

Akibat pengadaannya berkurang maka jumlah penerima bantuan kapal itu juga akan mengalami pengurangan. Itu juga dikarenakan bahan dasar pembuatan kapal mengalami kenaikan.

“Tahun lalu kita sudah data penerimanya jadi nama-nama penerima untuk tahun ini tetap sama dengan tahun lalu. Tidak ada penambahan calon penerima baru melainkan berkurang karena pengadaan kapal juga berkurang,” ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews