Pesawat Pengangkut WNI dari Wuhan Cuma Transit di Batam

Pesawat Pengangkut WNI dari Wuhan Cuma Transit di Batam

Evakuasi WNI dari Wuhan menggunakan maskapai Batik Air. (Foto: ist)

Batam - Proses evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China belum dapat dipastikan hari ini, Sabtu (1/2/2020). 

Rencananya, 243 WNI itu akan pulang ke Indonesia melalui Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau. Pesawat bersama tim penjemput sudah berangkat dari Jakarta.

Wali Kota Batam, HM Rudi menjelaskan kepastian kedatangan para WNI tersebut menunggu otoritas pemerintah China setempat. Karena bisa saja sewaktu-waktu ada perubahan. 

“Menunggu perintah lebih lanjut proses evakuasi. Pesawat kita masih di sana (China),” ujar Rudi di VIP Bandara Hang Nadim. .

Sambil menunggu kedatangan para WNI itu, Rudi memastikan stakeholder yang berwenang tetap akan siaga sampai ada kepastian. 

“Kita stanby saja, sambil mempersiapkan diri,” jelasnya. 

Terkait skema kedatangan WNI di Batam, Rudi memastikan para WNI tersebut langsung akan dibawa ke Kabupaten Kepulauan Natuna. Proses di Batam kata dia hanya untuk mengganti pesawat. 

“Di sini hanya transit saja, tidak ada keluar dari bandara,” kata Rudi menegaskan. 

Selanjutnya mengenai proses pemeriksaan kesehatan, teknisnya akan dilaksanakan oleh pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas 1 khusus Batam. 

Rudi juga tidak dapat menyebutkan jenis pesawat yang digunakan untuk membawa para WNI tersebut ke Natuna. 

“Teknisnya tetap pihak dari TNI AU,” kata dia. 

Rudi juga memastikan persiapan yang dilakukan saat ini sudah semaksimal mungkin, sesuai dengan perintah pemerintah pusat. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews