Khagendra Thapa Magar, Pria Terpendek di Dunia Meninggal

Khagendra Thapa Magar, Pria Terpendek di Dunia Meninggal

Khagendra Thapa Magar. (Foto: Sky News)

Khatmandu - Khagendra Thapa Magar, penyandang rekor pria terpendek di dunia versi Guinness World Records meninggal dunia dalam usia 27 tahun di sebuah rumah sakit, di Nepal.

Dilansir dari BBC, Sabtu (18/1/2020), Khagendra Thapa Magar, dari Distrik Baglung di Nepal, hanya memiliki tinggi 67,08 cm. Ia merupakan anak tertua dari pasangan Roop Bahadur dan Dhan Maya.

Saudara Magar mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa dia meninggal pada Jumat 18 Januari, setelah berjuang lama dengan penyakit pneumonia. Selain itu ia juga menderita penyakit jantung dan asma.

Magar diakui sebagai pria terkecil di dunia pada ulang tahunnya yang ke 18 tahun 2010, pada sebuah upacara yang dihadiri oleh pejabat tinggi setempat dan internasional.

"Saya tidak menganggap diri saya pria kecil. Saya pria besar. Saya berharap gelar ini memungkinkan saya untuk membuktikannya dan mendapatkan rumah yang layak untuk saya dan keluarga," katanya saat itu.

GWR memberi penghormatan kepada Magar, mengatakan bahwa dia tidak membiarkan ukuran tubuhnya yang kecil menghentikan langkahnya mendapatkan yang terbaik dalam kehidupan.

Setelah mendapat pengakuan dari GWR pada 2010, Magar melakukan perjalanan keliling dunia dan tampil di televisi Eropa serta AS. Ia juga menjadi wajah resmi kampanye pariwisata Nepal.

Craig Glenday, pemimpin redaksi GWR, mengatakan bahwa ia sangat sedih mendengar berita kematian Magar, "Senyumnya yang cerah begitu menular, sehingga dia meluluhkan hati siapa pun yang bertemu dengannya," ujarnya.

Magar sempat kehilangan gelarnya sebagai orang terpendek di dunia dari sesama warga Nepal, Chandra Bahadur Dangi, yang memiliki tinggi hanya 54,6 cm. Namun, ia mendapatkan gelar itu kembali setelah kematian Dangi pada tahun 2015.

Magar pertama kali terlihat oleh seorang pelancong. Saat itu ia berusia 14 tahun dan kemudiam dibawa ke sebuah pameran daerah, di mana anak-anak membayar untuk bisa foto di sebelahnya.

Rekor untuk manusia terpendek sekarang dipegang oleh Edward Hernandez dari Kolombia, yang memiliki tinggi hanya 70,21 cm.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews