8 Bahan Alami Obati Sariawan

8 Bahan Alami Obati Sariawan

Ilustrasi

Jakarta - Sariawan tidak harus disembuhkan dengan obat kimia. Ada obat sariawan alami untuk menyembuhkan penyakit yang membuat kita tidak nyaman itu.

Sariawan timbul salah satunya karena stres atau kekurangan vitamin, dan mineral. Kalau sedang sariawan membuat kita sulit makan dan minum. Keadaan seperti itu dapat berlangsung 10 hingga 14 hari.

Kamu pun bisa mencoba obat sariawan alami. Berikut obat sariawan alami yang dapat mengatasi dengan cepat dan tidak menimbulkan perih. Kamu pun dapat kembali makan dan minum dengan nyaman.

1. Madu

Madu dipercaya dapat mengatasi sariawan. Oleskan madu pada luka sariawan di mulut. Olesi madu hingga beberapa kali atau sesaat sebelum tidur. Namun perlu diingat, olesi madu asli, jangan madu campuran ya.

2. Garam

Garam memiliki banyak manfaat. Salah satunya dapat menyembuhkan sariawan. Namun jangan langsung makan garamnya. Caranya dengan menggunakan air garam.

Larutkan 1/2 sendok teh garam dalam 1 gelas air hangat. Kocok larutan di mulut kemudian keluarkan larutan garam. Untuk anak di atas 6 tahun, bisa menggunakan air garam sebagai obat sariawan alami.

3. Temu Kunci

Temu kunci bukan hanya digunakan untuk sayur bayam. Kamu bisa menggunakan bumbu dapur ini untuk mengatasi sariawan. Caranya dengan menempelkan temu kunci pada luka sariawan dan ulangi 2-3 kali sehari.

4. Baking Soda

Baking soda dipercaya untuk mengatasi sariawan. Caranya, larutkan baking soda dengan air hangat sampai berbentuk seperti krim. Lalu olesi krim tersebut pada luka sariawan. Larutan baking soda juga bisa digunakan sebagai obat kumur seperti air garam.

5. Yoghurt

Yoghurt juga bisa mengobati sariawan. Sebab yoghurt mengandung bakteri baik yang dapat membantu mengobati sariawan. Namun pilih yoghurt plain agar jamur penyebab sariawan tidak tumbuh subur karena kandungan gula pada yoghurt dengan beraneka rasa.

6. Kopi

Bubuk kopi disebut dapat mengatasi sariawan. Bubuhkan bubuk kopi di atas luka sariawan. Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih.

7. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel bisa dijadikan obat sariawan. Cara pemakaiannya tambahkan 1 sendok teh cuka sari apel mentah ke dalam 1 gelas air. Bilas ke seluruh mulut sekitar 15 detik lalu keluarkan larutan itu.

8. Es Batu

Es batu dipercaya sebagai obat sariawan di lidah. Hal ini karena suhu dinginnya dapat membantu meringankan rasa nyeri dan mengurangi pembengkakan pada jaringan mulut yang luka. Caranya, bungkus es batu dalam kain atau waslap bersih. Kemudian tempelkan kain atau waslap di bagian lidah yang terluka selama beberapa menit.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews