TNI Siaga Tempur di Natuna

TNI Siaga Tempur di Natuna

Pangkobawilhan I, Laksdya Yudo Margono.

Jakarta - Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono melaksanakan pengendalian operasi siaga tempur terkait dengan adanya pelanggaraan di wilayah perairan laut Natuna Utara.

Sebelum bertolak dari Lanud Halim Peradana Kusuma menuju Natuna, Pangkogabwilhan I menyampaikan bahwa operasi siaga tempur ini dilaksanakan oleh Koarmada1 dan Koopsau 1 dengan Alutsista yang sudah tergelar.

"Alutsita yang telah tergelar yaitu 3 KRI dan 1 Pesawat intai maritim dan 1 pesawat Boeing TNI AU. Sedangkan dua KRI masih dalam perjalanan dari Jakarta menuju Natuna," katanya melalui rilisnya, Jumat (03/01/2020).

Selanjutnya dikatakan Pangkogabwilhan I bahwa operasi ini digelar untuk melaksanakan pengendalian wilayah laut khususnya di Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) laut Natuna Utara. 

Laksdya TNI Yudo Margono menambahkan, bahwa sekarang ini wilayah Natuna Utara menjadi perhatian bersama, sehingga operasi siaga tempur diarahkan ke Natuna Utara mulai tahun 2020.

"Operasi ini merupakan salah satu dari 18 operasi yang akan dilaksanakan Kogabwilhan I di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya," ujarnya.

Masalah perairan Laut China Selatan yang diklaim tiongkok masuk hingga Laut Natuna Utara membuat pemerintah pusat bereaksi keras. Apalagi kapal-kapal nelayan China menangkap ikan hingga masuk Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia. Mereka juga dikawal Coast Guard China yang membuat para nelayan asal Natuna resah.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews