Mengapa Cuaca Pengaruhi Penerimaan Sinyal Ponsel? Ini Penjelasannya

Mengapa Cuaca Pengaruhi Penerimaan Sinyal Ponsel? Ini Penjelasannya

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Jakarta - Kondisi hujan atau badai ternyata berpengaruh terhadap sistem penerimaan sinyal di telepon seluler (ponsel) kita. Biasanya, kualitas sinyal langsung menurun begitu cuaca tak bersahabat.

Lantas, mengapa hal itu bisa terjadi?

Menurut laporan Weboost yang dilansir pada Kamis (2/1/2020), cuaca mampu mempengaruhi kualitas sinyal ponsel, begitu juga dengan peralihan sebuah musim.

Misalnya, dari musim dingin ke musim semi untuk wilayah subtropis, dan pergantian musim panas ke hujan untuk negara tropis. Disebut terakhir ini, Indonesia termasuk salah satunya. Yaitu berada di negara tropis, dengan kondisi alam secara umum di bulan-bulan menjelang akhir sampai awal tahun mengalami musim hujan.

Secara teknis, cuaca mempengaruhi penerimaan sinyal ponsel karena cuaca mampu mempengaruhi sinyal radio terestrial. Seperti yang sudah diketahui, lalu lintas jaringan seluler dilakukan pada gelombang radio.

Khusus untuk musim hujan seperti sekarang ini, curah air yang besar mampu menghambat gelombang radio pada frekuensi yang digunakan oleh jaringan seluler.

Tak di musim hujan pun, uap air yang terangkat ke udara saat musim salju, kabut, awan, bahkan hari yang cerah dengan kelembapan tinggi mampu mengurangi penerimaan sinyal jaringan seluler.

Impedansi sinyal ini terjadi karena air menghantarkan listrik, yang memungkinkan uap air di atmosfer memantulkan atau membiaskan gelombang radio.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews