Kemenko Maritim Tinjau Tapak Pembangunan Jembatan Babin

Kemenko Maritim Tinjau Tapak Pembangunan Jembatan Babin

Plt Gubernur Kepri, Isdianto bersama tim dari Kemenko Kemaritiman dan Investasi RI terkait lokasi titik landing point pembangunan jembatan Babin. (Foto: Sutana/Batamnews)

Batam - Kemenko Kemaritiman dan Investasi melakukan peninjauan tapak-tapak pembangunan Jembatan Batam-Bintan (Babin). Proyek ini sebelumnya sudah dicanangkan pemerintah pusat masuk dalam RPJMN 2020-2024.

Tim ini menelusuri jalur yang akan menjadi bentangan jembatan dari Batam ke Pulau Bintan itu. Bahkan mereka telah menyelesaikan review DED dan penganggaranya mencapai Rp 7 triliun.

Plt Gubernur Kepri, Isdianto mengatakan hal ini sebagai langkah maju. "Ini langkah maju. Kita berharap segera dieksekusi. Dampaknya sangat luar biasa bagi pertumbuhan ekonomi di Kepri dan nasional," ujarnya, Sabtu (28/12/2019).

Tapak pertama yang dikunjungi yakni di Kawasan Kabil. Masuk sebelum TPA Punggur ke arah sejumlah kawasan industri.

Kawasan ini cukup tinggi dari permukaan laut. Hampir tiga kilometer dari tapak pertama, langsung terlihat Pulau Tanjungsauh. Di Tanjungsauh inilah landing point atau tapak kedua penghubung jembatan akan dipancang.

Di Pulau Buau, akan ada pancang-pancang untuk menyelaraskan elevasi menjelang jembatan sampai di Bintan. Rute dari Batam menuju Tanjungsauh panjangnya sekitar 2,17 km.

Sedangkan bagian kedua, jembatan akan menghubungkan Pulau Tanjungsauh menuju Pulau Buau dengan taksiran panjang mencapai 3,9 km.

Sementara itu, untuk menghubungkan Pulau Buau menuju Kabupaten Bintan akan dibangun jembatan bagian tiga dengan panjang mencapai 0,9 km.

"Insya Allah, lahan sudah clear," kata Isdianto.

Integrasi pengembangan wilayah Batam sampai Bintan memang dipertegas pemerintah pusat.

DED Jembatan Babin terus direview dan dinilai oleh Komite Keselamatan Jembatan dan Jalan.

"Saya tak mau mendahului Pak Menteri PUPR. Tapi saya yakin prosesnya tak akan terlalu lama," kata Deputi Ridwan.

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews